Hewan Ternak Tidak Nafsu Makan? Begini Cara Mengatasinya!

Pertanianku – Bagi Anda yang menjalankan usaha peternakan pasti pernah mengalami hewan ternak Anda mengalami penurunan nafsu makan bukan? Biasanya hal tersebut membuat para peternak merasa khawatir. Jika itu terjadi, Anda tak perlu merasa khawatir karena kini ada solusinya.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan bahan alami dengan menggunakan tebu atau molase, tambahkan pada pakan, maka ternak Anda akan bergairah kembali nafsu makannya. Hal tersebut diungkapkan oleh Guru Besar Fakultas Peternakan IPB, Prof. Yuli Retnani.

“Aroma dan rasa yang khas pada tetes tebu sangat membantu meningkatkan nafsu makan ternak. Sehingga, semakin banyak pakan yang dimakan, ternak akan semakin gemuk,” tutur Dikatakan Prof Yuli.

Tetes tebu adalah cairan limbah sisa dari pengkristalan gula pasir yang sudah tidak dapat dikristalkan lagi.

Kandungan tertinggi yang terdapat pada tetes tebu adalah sukrosa yang mencapai 48—55%. Sementara itu, kandungan lainnya adalah mineral esensial seperti kobalt, boron, iodium, copper, mangan, seng, dan karbohidrat tinggi. Selain itu, tetes tebu juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin-vitamin yang larut dalam air.

“Tak hanya itu, tetes tebu juga bisa menjadi energi esensial bagi ternak khususnya dalam kondisi cuaca yang kurang baik,” tambah dia.

Cara pemberian tetes tebu pada ternak, kata Prof. Yuli, tidak diberikan secara langsung. Akan tetapi, disemprotkan pada pakan hijau atau campuran biji-bijian atau jenis pakan lainnya. Tetes tebu juga berperan sebagai sumber energi bagi bakteri fermentasi.

Prof. Yuli mengingatkan, ada dampak negatif bila terlalu banyak memberikan molase kepada ternak, yakni bisa menyebabkan diare karena kadar kaliumnya yang tinggi.

Dikatakan Prof. Yuli, dosis toleransi yang dapat dikonsumsi ternak adalah sebesar 15% dari campuran bahan konsentrat atau banyaknya pakan.

loading...
loading...