Hewan Ternak yang Berpotensial Selain Ayam dan Sapi

Pertanianku — Jika Anda sedang ingin memulai usaha ternak, ada beberapa jenis hewan ternak selain ayam dan sapi yang sangat berpotensial dicoba. Keuntungan yang ditawarkan pun tidak kalah menarik dari ternak sapi dan ayam. Berikut ini beberapa jenis hewan ternak yang berpotensi mendatangkan keuntungan.

hewan ternak
foto: Pertanianku

Kroto dan Jangkrik

Kroto dan jangkrik merupakan pakan untuk hewan peliharaan seperti ikan hias atau burung ocehan. Pehobi burung ocehan ataupun ikan hias seakan tidak pernah padam, bahkan jumlahnya cenderung meningkat setiap waktunya. Selama masih ada pehobi yang memelihara hewan-hewan tersebut, permintaan terhadap kroto dan jangkrik tidak akan pernah padam.

Cacing sutera

Sama seperti kroto dan jangkrik, cacing sutera merupakan pakan bagi ikan hias. Pada dasarnya cacing sutera memang bisa didapatkan langsung dari alam, tetapi jumlahnya sangat terbatas dan lebih berisiko membawa berbagai macam penyakit. Kebutuhan cacing sutera akan terus berjalan selama banyak orang yang memelihara ikan hias.

Kelinci potong dan kelinci hias

Kelinci lebih terkenal sebagai hewan peliharaan yang imut nan menggemaskan. Namun, siapa sangka ternak kelinci tidak hanya sebatas untuk menyediakan kelinci hias yang lucu. Ternak kelinci juga bisa dilakukan untuk menyediakan kelinci potong siap konsumsi.

Ternak kelinci potong terbilang cukup menggiurkan. Apalagi, jika dilakukan di lokasi yang strategis. Misalnya, dekat dengan sentra tempat wisata yang menawarkan makanan khas daging kelinci.

Burung puyuh petelur dan pedaging

Telur puyuh telah menjadi salah satu hidangan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Telur puyuh bisa diolah menjadi berbagai jenis menu masakan. Tidak hanya telur, daging burung puyuh juga digemari oleh masyarakat sehingga banyak rumah makan yang menyajikan menu burung puyuh.

Baca Juga:  Kiat Sukses Mencegah Burung Puyuh Kanibal

Masih banyak hewan ternak lainnya yang berpotensial untuk diternakkan. Anda bisa membacanya di dalam buku Usaha 10 Ternak Paling Potensial. Buku tersebut akan memberikan gambaran kepada Anda tentang usaha ternak yang bisa dicoba selain sapi dan ayam. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

 

 


loading...