Hias Rumah dengan Menanam Bunga Matahari di Pekarangan

Pertanianku— Peminat bunga matahari terbilang cukup tinggi karena bentuknya yang indah sehingga mampu menghidupkan suasana. Selain dijadikan bunga potong, Anda juga dapat menggunakan bunga matahari untuk mempercantik rumah dengan menanamnya di pekarangan. Menanam bunga matahari tidak begitu sulit, hanya butuh area terbuka bebas naungan.

menanam bunga matahari
foto: Pixabay

Bunga matahari bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 0—1.500 m dpl. Lahan yang akan digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan puing-puing bekas bangunan agar akar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Untuk Anda yang tertarik untuk menanam bunga matahari, simak ulasan berikut.

Pengolahan tanah

Tanah harus dibalik dengan menggunakan cangkul atau dibajak agar tanahnya benar-benar subur dan gembur. Selanjutnya, berikan pupuk kompos kandang sebanyak 1/3 dari jumlah tanah yang digunakan. Pupuk tersebut berguna untuk memperkaya unsur hara makro dan mikro di dalam tanah. Setelah diberikan pupuk, tanah didiamkan selama 7 hari agar media tanam sudah benar-benar siap digunakan.

Siapkan benih

Gunakan benih berkualitas jika Anda baru mulai belajar menanam bunga matahari. Pasalnya, dengan benih berkualitas Anda tidak perlu repot memberikan perlakuan khusus agar tanaman bisa tumbuh. Benih disemai terebih dahulu di media semai selama dua minggu. Setelah itu, tanaman dipindahkan ke lahan.

Penanaman benih

Benih ditanam ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan. Selanjutnya, timbun sisi-sisi benih dengan media tanam agar benih dapat berdiri dengan kokoh. Penanaman benih sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

Pemeliharaan

Tanaman bunga matahari perlu disiram setiap hari pagi atau sore hari agar kondisi media tanam tetap lembap. Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman perlu disiangi dengan cara dicabut. Jangan lupa untuk lakukan kontrol setiap hari agar dapat mendeteksi lebih dini serangan hama dan penyakit.

Baca Juga:  Ubah Semak Belukar Jadi Lahan Produktif

Hama yang biasanya menyerang bunga matahari adalah ulat daun, ulat ngengat, dan walang hijau. Sementara itu, penyakit yang biasa menyerang adalah penyakit layu, tepung embun, alternaria, dan virus tembakau.

Berikan pupuk susulan dengan menggunakan pupuk organik padat atau cair. Jika menggunakan pupuk organik padat, Anda perlu memberikannya setiap satu bulan sekali sebanyak 3 tutup botol yang dilarutkan dengan10 liter air. Sementara itu, jika menggunakan pupuk cair, berikan dua minggu sekali sebanyak 3 tutup botol yang dilarutkan dengan 10 liter air.

 

 

 

 


loading...