Hidangan Favorit Saat Idul Adha Ini Wajib Anda Coba


Pertanianku – Menjelang Idul Adha, suasana lebaran pun kian terasa. Tradisi di kala Idul Adha biasanya adanya pemotongan hewan kurban, baik sapi maupun kambing.

Ketika Idul Adha tiba, banyak masyarakat menyajikan hidangan daging sapi ataupun kambing. Biasanya masyarakat paling suka mengolah daging yang didapat menjadi rendang dan semur. Padahal, banyak variasi masakan dari daging kambing ataupun sapi yang menjadi rekomendasi hidangan saat Idul Adha bersama keluarga.

Pengamat kuliner, Arie Parikesit, mengatakan hidangan kambing untuk Lebaran itu banyak macamnya. Di antaranya ada gulai kacang hijau khas Jawa Timur, masak belanga dari Gorontalo, dan marak kambing.

Untuk gulai kacang hijau khas Jawa Timur merupakan gulai kambing yang dicampur dengan kacang hijau. Kuahnya kental. Menu ini merupakan masakan Jawa Timur.

Hidangan ini cocok tak hanya disantap dengan nasi, tapi juga bisa dengan roti maryam.

“Unik bisa disajikan untuk Idul Adha,” terang Arie.

Menu lain yang bisa dihidangkan untuk keluarga di pada saat Lebaran Haji ini adalah masak belanga atau garo belanga dari Gorontalo. Ini adalah masakan tumisan kambing yang menggunakan bumbu lokal dengan Timur Tengah dan kecap manis.

“Ini semacam krengsengan kambing iga dimasak dengan aneka rempah dan kecap manis. Simpel. Cocok untuk yang tidak punya waktu banyak untuk sajikan hidangan,” paparnya.

Arie menambahkan ada pula marak kambing. Masakan yang juga bernuansa dengan Timur Tengah namun lebih tinggi kadar Timur Tengahnya dibanding lokal, yakni gulai tanpa santan.

Selain itu, ada pula masakan fusion seperti bestik. Ini adalah masakan yang disajikan oleh Raja Solo untuk tamunya. Bestik sama dengan bistik. Sebenarnya, bisa digunakan daging apa saja namun paling populer adalah daging kambing. Disajikan dengan sayuran seperti wortel, buncis, dan tomat.

Baca Juga:  Produsen Jamu Sido Muncul Hasilkan Keuntungan Hingga Rp500 Miliar

Bagaimana, banyak pilihan bukan memasak daging kambing untuk disajikan dan dinikmati bersama keluarga. Yuk, buat kreasi masakan untuk keluarga.

loading...
loading...