Hidroponik Mudah dan Murah dengan Starterkit


Pertanianku — Saat ini, tren hidroponik sedang booming, tak heran banyak orang tertarik untuk mencobanya. Hidroponik dikenal sebagai teknik bertanam sayuran tanpa media tanah.

Hidroponik
Pertanianku

Ada anggapan, hidroponik itu teknologi yang sulit dan investasinya pun cukup mahal. Hal itu karena teknik bertanam tanpa tanah ini menggunakan berbagai peralatan high tech dan investasinya pun tidak sedikit.

Namun, kini para hobiis hidroponik sudah bisa membuat aneka bentuk instalasi hidroponik atau biasa dikenal dengan starterkit. Starterkit hidroponik adalah sebuah instalasi hidroponik yang praktis sehingga bisa dilakukan oleh siapa pun terutama pehobi pemula.

Bahan yang dibutuhkan mudah didapatkan, begitu pula dengan ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga bisa diletakkan di pekarangan rumah, bahkan di teras sekalipun.

Berbagai model starterkit hidroponik dibuat dengan semakin menarik dan unik. Tidak sekadar praktis saja karena mudah dibongkar dan dipasang, juga mudah dalam mengoprasikannya dan tentu dengan harga yang semakin terjangkau.

Salah satu instalasi yang mudah dan dapat dicoba untuk pemula ialah wick system. Instalasi ini bahkan bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Misalnya, sumbu kain flannel bisa diganti sumbu kompor.

Instalasi lainnya, yaitu drip irrigation mini. Instalasi ini memberikan air nutrisi ke tanaman secara terus-menerus, tetapi dalam jumlah sedikit. Oleh karena itu, bisa menghemat air nutrisi karena diberikan sedikit demi sedikit.

Instalasi terbuat dari boks kontainer atau boks es krim bekas dengan dilengkapi pompa dan selang plastik untuk mengalirkan nutrisi. Dalam hal ini, diperlukan pengontrolan aliran air nutrisi pada selang plastik secara intensif.

Saat ini sudah tersedia buku yang membahas tentang starterkit hidroponik, yaitu 12 Hidroponik Starter. Buku ini berisi 12 model hidroponik yang praktis, mudah, dan murah. Dilengkapi dengan penjelasan prinsip cara kerja, kelebihan dan kekurangan, cara merakit, dan aplikasinya.

Baca Juga:  Yuk, Konsumsi Jamur Saat Sarapan! Ini Manfaatnya

Selain itu, dilengkapi pula tips-tips pemeliharaan tanaman. Bahkan, dilengkapi dengan gambar step by step yang akan memudahkan Anda yang ingin mencobanya langsung.

loading...
loading...