Hidroponik Portabel Membuat Kegiatan Menanam Jadi Lebih Mudah

Pertanianku — Kegiatan menanam pada dasarnya merupakan kegiatan positif yang mudah untuk dilakukan jika Anda sudah mengetahui caranya. Caranya pun cukup mudah untuk dipelajari asalkan ada kemauan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanam, baik dengan cara konvensional ataupun hidroponik. Hidroponik portabel merupakan salah satu model menanam yang bisa Anda gunakan.

hidroponik portabel
foto: pertanianku

Masih ada banyak model menanam yang bisa Anda gunakan selain hidroponik portabel. Namun, hidroponik ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa memudahkan Anda. Berikut ini kelebihan hidroponik portabel.

Sederhana karena portabel

Bagi Anda yang baru saja ingin mulai menanam hidroponik pasti dibayang-bayangi dengan instalasi yang ribet. Apalagi, jika melihat instalasi hidroponik yang ada di kebun hidroponik. Tenang saja, Anda sebenarnya bisa membuat instalasi hidroponik dengan menggunakan barang yang mudah didapatkan.

Hidroponik portabel sangat mudah dibuat, bahkan bisa dipinjamkan kepada teman atau kerabat yang ingin mencobanya. Mereka akan bisa langsung mengoperasikan hidroponik ini. Instalasi ini tidak membutuhkan teknologi tinggi dan kompleks, bisa dibuat dalam ukuran kecil sehingga tidak memakan tempat dan proses pembuatannya sangat mudah.

Mudah karena knockdown

Instalasi ini bersifat knockdown atau bisa dibongkar pasang dan dirakit kembali dengan cara yang mudah. Konstruksi ini tidak menggunakan lem sama sekali untuk menggabungkan antarkomponennya. Untuk membuat dan memasang instalasi ini, Anda bisa membacanya pada buku Hidroponik Portabel yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Di dalam buku tersebut dijelaskan secara lengkap mengenai langkah pembuatan hingga pemeliharaan instalasi. Segera hubungi tim penjualan Penebar Swadaya untuk mendapatkan harga khusus.

Biaya terjangkau

Membuat instalasi hidroponik memang membutuhkan modal yang banyak jika seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan harus dibeli dari awal. Namun, Anda bisa menanam hidroponik dengan biaya yang terjangkau menggunakan hidroponik portabel.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Penyakit Busuk Lunak Bunga Anggrek

Instalasi ini dapat menghasilkan sayuran yang bersih, tidak ada tanah becek, lumpur, kotor, dan bau. Menanam sayur pun bisa menjadi hobi untuk mengisi kekosongan waktu dan tidak perlu berpanas-panasan di bawah terik matahari.

Anda bisa merakit hidroponik portabel sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Sistem yang dipilih bisa sistem sumbu atau sistem terapung. Kedua sistem hidroponik tersebut sama-sama mudah dicoba.


loading...