Hijauan Pendongkrak Produksi Susu Kambing

Pertanianku — Produksi susu kambing dapat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya pakan. Terdapat beberapa jenis pakan yang terbukti mampu mendongkrak hasil produksi susu kambing. Beberapa di antaranya merupakan hijauan yang cukup mudah dijumpai.

susu kambing
foto: pertanianku

Pakan hijauan ini bisa menjadi pakan alternatif untuk mengatasi permasalahan fluktuasi harga dan persediaan pakan yang terbatas. Berikut ini beberapa pakan hijauan yang bagus untuk mendongkrak produksi susu sapi.

Daun katuk

Daun katuk sudah terkenal sebagai pendongkrak produksi susu kambing. Sebelum diberikan kepada sapi, sebaiknya daun diolah terlebih dahulu menjadi wafer. Cara pembuatannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampur 1 kg daun katuk dengan 1 kg tetes tebu. Wafer ini dapat diberikan untuk 20 ekor kambing. Pakan berbentuk wafer dapat meningkatkan rasa dan aroma susu kambing menjadi lebih gurih dan bebas dari bau prengus khas kambing.

Daun jambu

Campuran daun jambu, nangka, dan mangga yang diberikan pada siang hari dapat meningkatkan produksi susu menjadi 0,6–3 liter susu per ekor per hari. Pemerahan dapat dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Daun pepaya

Daun pepaya juga dapat mendongkrak produksi susu kambing. Daun sebaiknya diolah menjadi biskuit agar tahan lebih lama. Pakan biskuit daun pepaya diberikan sebanyak dua kali sehari, pada pagi dan sore hari sebanyak 2–3 buah. Biskuit sebaiknya dicampur dengan konsentrat.

Biskuit daun pepaya dapat meningkatkan produktivitas susu kambing sebanyak 40 persen. Kualitas susu yang dihasilkan juga meningkat. Kandungan lemak dalam susu menjadi 99 persen.

Daun orok-orok

Daun orok-orok (Crotalaria usaramoensis) dapat mendongkrak produksi susu kambing hingga sebanyak 3,4 liter susu per hari. Orok-orok berfungsi sebagai sumber protein, kandungan protein di dalamnya mencapai 25 persen. Bahkan, salah satu jenis daun orok-orok, yakni geger sore mengandung protein sebanyak 27 persen.

Baca Juga:  Selain Pakan, Ini yang Memengaruhi Kualitas Susu Kambing

Daun orok-orok dapat diberikan dengan cara dicampur ke dalam bahan konsentrat. Orok-orok cukup mudah ditemui karena murah dan gampang tumbuh terlebih saat musim kering.