Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa dengan Daun Sirih


Pertanianku – Saat Ramadan tiba, seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Salah satu kendala orang berpuasa adalah berkaitan dengan bau mulut yang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya asupan apa pun ke dalam mulut ketika berpuasa yang membuat bau tak sedap akan tercium.

Meskipun bau mulut ketika berpuasa muncul adalah hal yang wajar, perlu Anda ketahui bahwa ketika berpuasa produksi air liur akan menurun dan membuat mulut menjadi kering. Dengan begitu, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak.

Terdapat sebuah penelitian yang dilansir boldsky, bau mulut tak sedap ketika berpuasa bisa dicegah dengan mengunyah daun sirih sehabis sahur.

Daun sirih memiliki sifat antimikroba. Penelitian telah membuktikan bahwa mengunyah-ngunyah daun sirih akan meningkatkan produksi air liur yang kemudian bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri di mulut. Selain itu, mengembalikan tingkat pH atau keasaman dalam mulut sehingga Anda tidak mengalami gangguan bau mulut.

Tentu saja Anda tidak diperbolehkan untuk mengunyah daun sirih selama puasa. Sebagai gantinya, lakukan perawatan ini segera setelah Anda makan sahur dan rasakan manfaatnya selama seharian Anda berpuasa.

Baca Juga:  Apa sih yang akan Dirasakan Jika Rajin Konsumsi Buah dan Sayur?
loading...
loading...