Hilangkan Bau Mulut Secara Alami Tanpa Obat Kumur

Pertanianku — Saat sedang bau mulut Anda pasti tidak akan percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sebab, ketika berbicara, Anda takut bau mulut tercium oleh lawan bicara. Sebenarnya, banyak faktor yang dapat menyebabkan bau. Namun, tidak usah khawatir, bau mulut ternyata mampu diatasi oleh ramuan alami yang aman bagi tubuh manusia.

bau mulut
foto: unsplash

Pada dasarnya, banyak faktor yang menyebabkan timbulnya bau mulut. Misalnya, gosok gigi yang tidak sempurna sehingga meninggalkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi, lalu sisa makanan tersebut akan mengundang banyak bakteri bersarang di mulut.

Bau juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang memiliki aroma tajam seperti bawang. Konsumsi alkohol pun dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut.

Loading...

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa cara. Pertama, menjaga kebersihan mulut dan memastikan tidak ada bekas makanan sekecil apa pun yang tertinggal, menerapkan pola hidup yang sehat, ganti sikat gigi secara rutin, berhenti merokok, makan makanan yang sehat, dan cobalah ramuan alami berikut.

Kunyit

Bahan-bahan:

  • Kunyit 2 jari
  • Gula aren secukupnya
  • Air 1 gelas

Cara membuat:

  1. Kunyit dicuci hingga bersih, lalu diparut dan diremas dengan air hingga sari-sari kunyit keluar.
  2. Tambahkan gula aren dan aduk hingga rata, lalu peras dan saring.

Ramuan ini dapat diminum pada saat malam hari menjelang tidur.

Temulawak

Bahan-bahan:

  • Temulawak secukupnya
  • Gula aren sedikit

Cara membuat ramuan ini dengan mengiris temulawak kecil-kecil, lalu rebus dengan air, dan tambahkan sedikit gula aren. Minumlah ramuan ini setiap hari.

Daun sirih

Bahan-bahan:

  • Daun sirih 5 helai
  • Air 3 gelas

Cara membuat ramuan ini dimulai dengan mencuci bersih daun sirih. Daun sirih yang telah bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih selama kurang lebih 15 menit. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat kumur saat telah dingin.

Baca Juga:  Sembuhkan Radang Tenggorokan dengan Ramuan Herbal

Obat ini dapat digunakan sebanyak 3 kali sehari. Dosis yang dianjurkan adalah 2 sendok makan tiap kali berkumur selama beberapa hari hingga bau mulut menghilang.

Loading...
Loading...