Hilangkan Panu dengan Belimbing Wuluh

Pertanianku Panu merupakan penyakit kulit yang dapat timbul pada anak-anak ataupun orang dewasa. Penyakit bernama latin Tinea versicolor atau Pityriasis versicolor ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur. Penyakit ini dapat hilang sendiri, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama dan dapat disembuhkan dengan obat seperti salep. Namun, ternyata bahan alami seperti belimbing wuluh dapat menyembuhkan panu.

panu
foto: pixabay

Pada umumnya panu sering muncul di area wajah, punggung, dada, leher, dan lengan bagian atas. Warna yang muncul pun berbeda-beda pada setiap orang tergantung warna kulit. Penyakit kulit ini bukanlah penyakit yang menular.

Panu disebabkan oleh jamur malassezia yang tumbuh terlalu banyak di permukaan kulit. Pada umumnya jika jamur ini tumbuh dalam jumlah yang wajar tidak akan menyebabkan masalah apa pun.

Loading...

Faktor yang mendukung pertumbuhan jamur malassezia di kulit semakin banyak adalah lingkungan yang lembap dan panas serta kulit berminyak dan produksi keringat yang berlebihan. Obat antibiotik yang berlebihan juga dapat memicu pertumbuhan jamur ini semakin banyak.

Belimbing wuluh merupakan tanaman yang mudah untuk dijumpai. Bentuknya yang kecil dan rasanya yang asam membuat buah ini sering digunakan sebagai bahan campuran makanan untuk meningkatkan cita rasa gurih. Namun, ternyata belimbing wuluh juga dapat menjadi obat alami untuk menghilangkan panu. Berikut ini beberapa resep herbal dari belimbing wuluh yang dapat Anda ramu sendiri di rumah.

Ramuan belimbuh wuluh dan kapur sirih

Bahan-bahan:

  • Belimbing wuluh 10 buah
  • kapur sirih sebesar biji asam

Cara membuat:

  1. Cuci belimbing wuluh dan giling hingga halus
  2. Remas belimbing wuluh yang telah halus dengan kapur sirih

Aturan pakai ramuan ini adalah dengan menggosokkan ramuan pada kulit yang terkena panu sebanyak 2 kali sehari.

Baca Juga:  Cara Membuat Biji Tomat Menjadi Benih

Ramuan belimbing wuluh dan garam

Bahan-bahan:

  • Belimbing wuluh 10 buah
  • Air garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Belimbing wuluh dicuci bersih
  2. Belimbing ditumbuk hingga halus
  3. Remas belimbing yang telah ditumbuk halus dengan air garam.

Aturan pakai untuk ramuan ini adalah dengan menggosokkan ramuan pada kulit yang terkena panu 3 kali sehari secara rutin.

Loading...
Loading...