Hilangkan Rasa Pahit Pare Begini Caranya

0

Pertanianku – Pare terkenal sebagai sayuran yang memiliki rasa sangat pahit. Oleh karena itulah, banyak masyarakat yang tidak menyukainya. Padahal, pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pare mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor, dan besi untuk menambah nutrisi dalam tubuh.

Namun, Anda kini tak perlu khawatir. Pasalnya, tedapat cara menghilangkan rasa pahit pada pare. Berikut tips jitu mengolah pare agar tidak pahit.

  • Menggunakan garam

Garam jadi bahan utama yang kerap diandalkan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Caranya cukup simple. Belah pare menjadi dua bagian, buang biji dan bersihkan lapisan selaput putih yang ada pada bagian dalamnya. Setelah itu, iris tipis pare, tambahkan garam secukupnya, lalu remas menggunakan tangan sampai pare lemas dan layu. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci bersih di bawah air mengalir hingga bersih.

  • Menggunakan gula pasir

Teknik lain yang dilakukan untuk menghilangkan pahit pada pare bisa memanfaatkan gula pasir. Campur irisan pare dengan gula pasir, remas hingga pare lemas dan mengeluarkan air berbuih. Gula membantu menghilangkan ekstrak pahit dari pare.

  • Daun jambu biji

Jika di sekitar rumah Anda ada pohon jambu biji, coba petik beberapa lembar untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Remas-remas daun jambu biji kemudian rebus bersama pare selama kurang lebih 5 menit. Angkat dan tiriskan pare, masak bersama bumbu favorit.

  • Perbanyak bumbu

Memasak pare dengan penggunaan bumbu yang banyak bisa menutupi rasa pahit alami dari pare. Gunakan jumlah bumbu yang lebih banyak dari biasanya agar masakan kaya bumbu dan makin sedap. Tambahkan bahan lain yang memiliki rasa dominan juga misalnya ikan teri, ebi atau udang sebagai campuran pada pare.

Selamat mencoba!

loading...
loading...