Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Memasak Ayam


Pertanianku — Daging ayam merupakan salah satu bahan masakan favorit. Selain rasa yang enak, harga daging ayam juga lebih terjangkau dibanding daging merah. Di balik kelezatan masakan berbahan dasar ayam, ada beberapa aturan saat memasak ayam yang sebaiknya diikuti agar daging tetap higienis.

memasak ayam
Foto: Shutterstock

Dikutip dari Taste of Home, berikut lima kesalahan yang sebaiknya Anda hindari ketika memasak ayam.

  1. Meninggalkan ayam terlalu lama

Ayam beku dari kulkas biasanya dikeluarkan dulu hingga esnya mencair sebelum dimasak. Namun, jangan sampai terlalu lama membiarkan ayam berada pada suhu ruangan. Pada suhu ruangan, bakteri bisa muncul pada daging. Mengolah daging berbakteri bisa menyebabkan keracunan makanan.

Demi menghindari hal tersebut, langsung simpan daging ayam di kulkas setelah membelinya. Keluarkan ayam hanya ketika akan memasaknya.

  1. Mencuci daging ayam

Daging ayam mentah tidak perlu dan tidak seharusnya dicuci. Alih-alih membersihkan, pencucian justru akan meninggalkan bakteri pada permukaan daging. Oleh karena itu, ayam yang akan dimasak tidak perlu dicuci. Langsung bumbui dan olah sesuai selera.

  1. Salah marinasi

Sebelum dimasak, ayam biasanya dimarinasi atau dibaluri bumbu-bumbu. Tapi harap diingat jangan gunakan bumbu secara berulang. Menggunakan kembali bumbu yang tersisa dari ayam untuk memarinasi daging selanjutnya memang terdengar hemat. Akan tetapi, berulang kali memakai bumbu yang sama untuk marinasi dapat menyebarkan bakteri.

  1. Memakai peralatan dapur tanpa dicuci

Memasak di dapur membutuhkan keterampilan. Ketika selesai memotong daging, Anda harus segera mengupas bawang. Agar cepat selesai memasak, Anda sering menggunakan peralatan yang sama tanpa dicuci terlebih dahulu. Padahal tindakan tersebut salah.

Pisau atau peralatan dapur yang bersinggungan dengan daging ayam mentah mengandung bakteri salmonella. Ketika peralatan tersebut digunakan untuk hal lain, bakteri akan berpindah tempat. Untuk menghindari tersebarnya bakteri, selalu cuci semua peralatan yang sudah terkena daging ayam mentah sebelum digunakan untuk yang lainnya.

Baca Juga:  Cuaca Tidak Menentu, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Ini