Hindari Cara Mengonsumsi Buah yang Salah

Pertanianku — Buah merupakan sumber nutrisi penting yang baik serta memiliki rasa lezat. Beberapa nutrisi yang terkandung berupa vitamun, mineral, dan kaya akan enzim. Buah juga merupakan teman yang baik menjadi teman sehat Anda. Namun, tahukah Anda bahwa dalam mengonsumsi buah juga harus tepat karena kalau salah akan menimbulkan bahaya bagi tubuh. Simak cara mengonsumsi buah yang benar berikut ini.

 Cara Mengonsumsi Buah
foto: pixabay

Avokad

Kandungan kalium pada buah avokad terbilang tinggi. Selain itu, avokad mengandung folat, fosfor, sejumlah fitokimia, berbagai vitamin, mineral, dan serat. Namun, Anda wajib tau bagaimana cara mengonsumsi buah avokad karena jika tidak dapat menimbulkan efek samping.

Loading...

Untuk orang yang memiliki alergi terhadap lateks alami akan berpotensi alergi terhadap avokad. Menurut penelitian yang telah dilakukan di Israel, bila sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin sebaiknya tidak mengonsumsi avokad karena kandungan avokad dapat mematikan kerja obat tersebut. Kandungan kalium avokad cukup tinggi, bagi penderita kadar kalium di darah yang sudah tinggi harus berhati-hati.

Blewah

Blewah memiliki kandungan air lebih dari 90 persen serta berbagai kandungan gizi lainnya yang sangat banyak seperti vitamin C. Namun, kandungan vitamin C pada buah blewah sangat rentan rusak dan bereaksi dengan udara. Oleh karena itu, makanlah buah blewah saat masih segar sesaat setelah dikupas.

Buah naga

Buah ini mengandung kadar air yang juga tinggi sekitar 90 persen lebih sehingga sering dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Sebagian orang yang tidak terbiasa mengonsumsi buah ini akan merasakan kembung dan sakit perut. Untuk menghindari sakit perut tersebut, konsumsi buah naga dapat dilakukan setelah menyantap menu utama terlebih dahulu.

Lemon

Baca Juga:  Olahan Buah Jambu Biji, Bisa Jadi Ide Bisnis!

Kulit jeruk lemon memiliki dua lapisan. Lapisan pertama mengandung minyak esensial seperti citral. Untuk orang yang memiliki alergi, sebaiknya tidak mengonsumsi kulit lemon secara berlebihan karena kandungan minyak esensial pada kulit lemon dapat mengganggu beberapa fungsi tubuh. Seperti senyawa citral yang berlawanan dengan fungsi vitamin A. Kandungan oksalat yang tinggi juga harus diwaspadai oleh penderita batu kalsium.

Mangga

Buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan beta karoten ini harus dihindari oleh penderita kencing manis (diabetes melitus) dengan kadar glukosa darah di atas 200mg/dL.

Nanas

Nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Namun, bagi Anda penderita asam urat tinggi, sebaiknya hindari makan nanas yang terlalu masak karena kandungan alkohol yang dapat menghambat keluarnya asam urat.

Loading...
Loading...