Hindari Memasak Udang dengan Cara Ini!

Pertanianku — Mengolah udang bisa dibilang gampang-gampang susah. Seafood yang satu ini terkenal karena cita rasanya yang menggoda. Selain itu, tekstur daging udang yang kenyal membuatnya banyak digemari. Agar lebih maksimal, Anda bisa menghindari beberapa cara memasak udang berikut agar memiliki rasa optimal.

cara memasak udang
Foto: pixabay

Lupa tidak membersihkan udang

Mengolah udang tanpa membersihkannya terlebih dahulu akan berdampak fatal. Udang, terutama di bagian kepalanya, banyak terdapat kotoran yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Begitu pula dengan bagian usus udang yang ada di bagian punggung. Usus ini berisi kotoran yang dapat mengurangi rasa lezat udang.

Loading...

Tidak mengupas kulit udang

Mengupas kulit udang akan membantu meningkatkan tekstur udang. Daging udang memiliki tekstur lembut dan kenyal sekaligus. Sebaiknya, kupas kulit udang jika Anda ingin langsung memakannya tanpa mengupas kulit ini ketika hendak dikonsumsi.

Membuang kulit dan kepala udang

Kulit dan kepala udang sebaiknya dipisahkan bila Anda ingin mengolah daging udang. Namun, jangan langsung buang kulit dan kepala udang. Anda bisa membuat kaldu udang menggunakan kulit dan kepala udang. Selain itu, Anda juga bisa membuat camilan dari kepala udang yang nikmat dan krispi.

Tidak memasak dalam waktu singkat

Memasak udang dalam waktu yang lama akan menyebabkan udang mengalami overcooked. Tekstur udang ini akan menjadi alot dan keras. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam udang juga akan berkurang. Anda cukup memasaknya dalam waktu singkat dan mematikan api ketika udang sudah matang.

Memasak udang yang masih beku

Udang yang masih beku sebaiknya dibiarkan dan di-thawingi terlebih dahulu sebelum diolah. Caranya dengan membiarkan udang di suhu kulkas yang tidak beku. Jika es sudah mencair, Anda bisa mengolahnya. Jika es tidak juga mencair, Anda bisa merendam udang di air dingin. Lakukan thawing udang beku secara perlahan. Udang yang dimasak dalam keadaan beku rasanya akan kurang lezat.

Baca Juga:  6 Antibiotik Alami Berkhasiat Tinggi

Tidak menambahkan bumbu

Walaupun udang memiliki rasa khas yang gurih, mengolah udang sebaiknya tetap menggunakan bumbu tambahan. Rasa udang yang gurih akan kurang terasa tanpa bumbu tambahan karena rasa tersebut akan menguap ketika diolah pada suhu tinggi. Beberapa rempah sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mengolah udang antara lain merica, daun aromatik, dan garam.

Menyimpan udang

Udang yang tidak langsung diolah memang sebaiknya disimpan dahulu. Akan tetapi, menyimpan udang dalam waktu lama akan mengurangi rasa udang tersebut. Simpan udang tidak lebih dari 24 jam agar rasa dan teksturnya tetap optimal. Selain itu, udang yang disimpan terlalu lama juga rentan akan bakteri.

Loading...
Loading...