Hindari Menyimpan Jagung dalam Kulkas, Simak Caranya

Pertanianku — Ada banyak cara menyimpan jagung. Biasanya, jagung yang baru dibeli akan langsung diolah karena tingkat kemanisan jagung akan berkurang seiring waktu. Namun jika terlalu banyak, jagung biasa disimpan dengan dimasukkan ke kulkas atau disimpan di luar ruangan. Mana yang lebih baik?

cara menyimpan jagung
Foto: pixabay

Kulkas atau lemari pendingin merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mendinginkan bahan makanan. Tujuannya, memperlama umur simpan. Umumnya, suatu bahan makanan yang disimpan dalam kulkas bisa tahan lebih lama ketimbang disimpan di luar ruangan.

Jagung yang disimpan dalam kulkas dalam waktu lama bisa mengakibatkan jagung mengering dan bertepung. Hal ini karena suhu kulkas yang sangat dingin. Akibatnya, jagung bisa kehilangan rasa manis dan tekstur segar yang banyak disukai.

Loading...

Bukan berarti jagung tidak boleh disimpan di kulkas. Makanan yang disimpan di dalam kulkas memang cenderung akan lebih tahan lama dan bebas dari jangkauan hewan-hewan mulai dari semut sampai tikus. Akan tetapi, berikan batasan penyimpanan di dalam kulkas sebelum menjadi kering. Sebaiknya, jangan simpan jagung di dalam kulkas lebih dari dua hari.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyimpan jagung pada suhu ruang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari jagung cepat membusuk. Salah satunya adalah dengan menggunakan kertas, alih-alih plastik, sebagai wadah penyimpanan.

Jagung yang disimpan dalam plastik akan lebih mudah membusuk dan menjamur. Hal ini karena kelembapan dalam jagung yang disimpan meningkat sehingga jamur rawan tumbuh. Berbeda dengan kertas yang memiliki sirkulasi udara lebih baik.

Sebelum disimpan, sebaiknya angin-anginkan jagung di tempat yang sejuk. Jagung lebih baik disimpan ketika masih dalam kulitnya. Jagung yang sudah dibuka akan lebih rawan rusak karena perlindungannya berkurang.

Baca Juga:  Menanam Jambu Air Madu Deli yang Lebih Senang Berbuah di Musim Kemarau

Jika Anda akan menggunakan jagung dalam waktu dekat, lebih baik simpan jagung dalam keadaan sudah dipipil. Jagung yang sudah dipipil bisa dimasukkan ke kulkas untuk langsung digunakan.

Namun, Anda harus ingat untuk tidak menyimpannya terlalu lama. Hal ini juga berlaku untuk jenis sayuran yang lain. Sayuran sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar supaya tidak memengaruhi nutrisi dan cita rasanya.

 

Loading...
Loading...