Hobi Mini Green House Portable


Pertanianku – Penyaluran hobi khususnya hobi bercocok tanam tidak dapat dibatasi begitu saja. Masalahnya terletak pada tidak adanya lahan yang luas serta keterbatasan lainnya. Justru keterbatasan kadang membuat kita berpikir kreatif untuk mencari berbagai ide, seperti membuat mini green house. Walaupun mungil, tetap fungsional dan cantik serta dapat dibuat portable agar mudah dipindahkan.

Hobi Mini Green House Portable

Membuat mini garden adalah salah satu cara mengatasi keterbatasan lahan dan dana dalam memelihara tanaman hias kesayangan kita. Tujuan membuat mini green house sebetulnya hampir sama dengan membuat green house pada umumnya. Berikut manfaat dimaksud :

  1. Menghindarkan dari gangguan binatang atau manusia

Seringkali hewan peliharaan kita seperti kucing atau anjing yang biasanya merusak tanaman pot. Gangguan juga dapat berasal dari anak-anak yang secara tidak sengaja menginjak atau menabrak ketika main bola.

  1. Mengurangi intensitas cahaya matahari

Pot bunga atau bonsai kesayangan kita ketika di pajang di dalam ruangan tentunya secara berkala harus dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari dan perawatan lainnya. Namun, sinar matahari penuh akan membuat tanaman kita justru menjadi layu jika terlalu lama terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, perlu ditaruh di dalam green house untuk mengurangi intensitas cahaya matahari.

  1. Melindungi tanaman hias dari jatuhnya air hujan yang merusak

Pot tanaman hias dan bonsai akan rusak ketika terkena hujan lebat. Tanah dalam pot akan berantakan, bunga akan rontok, dahan, dan daun rusak. Di tambah angin kencang akan membuat pot yang sudah disusun rapi akan berantakan.

  1. Melindungi dari serangan hama dan penyakit

Salah satu sebab timbulnya hama ulat bulu yang merusak daun adalah berasal dari kupu kupu yang bertelur pada daun. Dengan adanya mini green house, pot tanaman hias kita akan terlindung.

Baca Juga:  Mayoritas Penduduk AS Tidak Mencukupi Konsumsi Buah dan Sayur

Berikut tips membuat mini green house.

  1. Bahan dan Peralatan:

– Kerangka : dari bambu atau kayu

– Penutup : plastik atau fiberglass

– Sedikit semen & pasir

– Paku

– Gergaji

– Palu/martil

  1. Cara Pembuatan:

– Buatlah kerangka mini green house dengan bentuk sesuai selera. Misalnya, bentuk tunel/melengkung, segitiga seperti bentuk rumah, kotak seperti lemari dengan beberapa rak yang tersusun.

– Perkuat dengan adukan semen pada tiangnya jika mini green house ini tidak Anda pindahkkan, agar kuat dari terpaan angin ataupun gangguan lainya.

– Tutuplah kerangka yang sudah Anda buat dengan penutup plastik atau fiberglass. Jangan lupa memberi pintu untuk memasukkan pot tanaman hias yang akan kita pelihara.

loading...
loading...