Hobi Tahan Napas Dalam Air, Ini Keunikan Coffinfish

Pertanianku — Sudah pernahkah Anda mendengar tentang jenis ikan coffinfish? Ikan yang satu ini ternyata berbeda dengan ikan air laut kebanyakan. Selain habitatnya yang jauh dari siraman cahaya matahari, ikan coffinfish ternyata juga hobi menahan napasnya dalam air.

ikan coffinfish
Foto: fishofaustralia.net.au

Meskipun manusia sudah menjelajah ruang angkasa, nyatanya masih banyak misteri di bawah lautan yang belum terpecahkan. Misteri-misteri ini bisa berupa fenomena alam ataupun keberadaan makhluk hidup yang memiliki sifat unik.

Kondisi ekstrem memaksa ikan-ikan di perairan laut dalam bertahan hidup dengan cara-cara unik. Berbeda dengan ikan yang banyak mendapat banyak asupan cahaya matahari, ikan laut dalam harus beradaptasi. Salah satunya adalah ikan coffinfish ini yang bisa ditemui di laut dengan kedalaman lebih dari 1.800 meter.

Loading...

Sama seperti makhluk hidup lainnya, ikan adalah makhluk yang membutuhkan oksigen. Pernapasan ikan menggunakan insang untuk menyerap keberadaan oksigen. Selain itu, insang juga menjadi perantara pelepasan karbon dioksida. Begitu pula dengan ikan coffinfish.

Ikan ini memiliki nama ilmiah Chaunax endeavouri. Ikan ini termasuk ke dalam salah satu jenis ikan yang jarang dipelajari. Habitat utamanya berada di laut dalam Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Keunikan ikan ini terlihat dari seringnya ikan coffinfish menahan napas di dalam air. Napas yang ia hirup tertahan di insang. Ikan ini bisa melakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni bisa mencapai 4 menit.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya adalah karena ikan coffinfish memiliki bentuk paru-paru yang lebih besar daripada ikan kebanyakan. Dengan begitu, ikan ini pun mampu menyimpan napasnya selama beberapa menit di bawah air.

Para peneliti sepakat bahwa kebiasaan aneh ikan ini dilakukan untuk menghemat energi. Bernapas memang diperlukan makhluk hidup untuk memperoleh energi dengan terbakarnya bahan bakar berupa zat makanan.

Selain itu, ketika ikan coffinfish melakukan kebiasaannya ini, akan terlihat mengambang. Hal yang sama juga bisa dilakukan oleh ikan buntal. Ketika ukurannya mengembang, coffinfish pun menjadi terhindar dari pemangsanya.

Bentuk tubuh ikan ini sendiri tidaklah sebesar ikan-ikan raksasa di lautan. Ia hanya memiliki panjang sekitar 10 cm. Tubuhnya dilindungi bagian tubuh yang tampak seperti rambut.

Walaupun terlihat menggemaskan, Anda sebaiknya tidak memegang langsung ikan ini. Bagian yang mirip rambut tersebut merupakan duri-duri yang bisa digunakan untuk menyerang musuh atau pemangsanya.

Loading...
Loading...