Horenso, Bayam Jepang yang Bernutrisi

Pertanianku — Nama horenso (Spinacia oleracea Linn) memang masih cukup asing bagi masyarakat Indonesia, tetapi sayuran ini sebenarnya sudah mulai dilirik dan mulai dikembangkan di Indonesia. Horenso masih termasuk genus Spinacia dan sering disebut sebagai bayam jepang. Sayuran ini berasal dari dataran Asia bagian barat dan barat daya. Bayam jepang juga ditemukan di Benua Eropa, Amerika, Asia, dan Australia.

horenso
foto: Pixabay

Walaupun sama-sama bayam, bayam jenis ini berbeda dengan bayam yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayuran ini mudah layu, rusak jika terkena air, dan tidak bisa disimpan terlalu lama. Oleh karena itu, sayuran ini perlu disimpan dengan cara dibungkus dengan plastik, kemudian simpan di dalam lemari pendingin. Dengan begitu, sayuran dapat bertahan selama satu minggu.

Penyimpanan horenso sebaiknya dilakukan pada suhu mendekati 0°C untuk menjaga kesegaran dan kandungannya.

Batang tanaman horenso tumbuh lurus ke atas sepanjang 30—60 cm, halus, dan berbentuk bulat seperti pipa. Daun tanaman berbentuk oval hingga segitiga. Bunga tanaman tidak terlalu mencolok, berwarna kuning kehijauan, berdiameter 3—4 mm, dan memiliki beberapa biji.

Dalam 100 gram horenso terdapat energi 22 kcal, air 95,8 gram, lemak 0,35 gram, protein 2,86 gram, serat 2,7 gram, dan karbohidrat 3,5 gram. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin A, beta karoten, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan vitamin yang paling melimpah di dalam sayuran ini adalah vitamin A yang mengandung karoten.

Karoten merupakan pigmen alami yang terdapat di dalam tumbuhan dan alga. Karoten bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Bayam jepang ini cukup mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Anda bisa membuat horenso menjadi salad sayur, ditumis, dicah, atau dicampur menjadi isian. Daun horenso tentunya juga bisa diolah seperti sayur bayam umumnya, yakni sayur bening.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Durian yang Tidak Bisa Dimakan

Horenso juga bisa Anda buat menjadi minuman yang sehat dan menyegarkan, seperti jus. Tambahkan buah-buahan seperti nanas atau apel untuk menambahkan rasa jus.