Hortensia, Tanaman Hias Memesona

Pertanianku Tanaman hias hortensia berasal dari genus Hydrangea. Hortensia sendiri sering dijadikan sebagai buket bunga karena memiliki keindahan tersendiri. Anda dapat menjumpai hortensia dalam berbagai julukan, mulai dari kembang bokor, kembang seribu, hingga bunga masamba.

Tanaman hias hortensia
Foto: pixabay

Tanaman ini mulanya berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan seperti Jepang, Cina, Indonesia, dan dataran Himalaya. Selain itu, hortensia juga bisa ditemukan di daerah Amerika Utara hingga Amerika Selatan.

Tanaman hortensia memiliki perbungaan yang majemuk dan berbentuk malai. Bunga ini keluar dari ujung tangkai membentuk rangkaian seperti sanggul. Di daerah sejuk, bunga akan mekar di awal musim semi hingga akhir musim gugur.

Loading...

Keunikan dari bunga ini adalah warnanya yang beragam. Biasanya, bunga dengan warna beragam dipengaruhi karena ekspresi gen yang berbeda dari tanaman tersebut. Namun, bunga hortensia dapat Anda atur sendiri warnanya. Hal ini karena warna bunga yang tumbuh pada tanaman ini tergantung pada keasaman tanah yang digunakan sebagai media tanamnya.

Ketika Anda menanam tanaman hortensia pada pH tanah yang cenderung asam, yakni pada pH 4,5—5,5, bunga akan cenderung berwarna biru. Selain itu, warna biru juga dipengaruhi oleh sediaan aluminium dalam tanah.

Bunga hortensia akan kehilangan warna birunya ketika keasaman tanah berkurang. Pada tanah dengan pH 6,0—7,0, bunga akan berwarna merah muda. Bunga ini pun dapat berwarna merah muda, biru, lavender, hingga campuran ketiganya.

Nyatanya, warna indah bunga hortensia bukanlah berasal dari mahkota bunganya seperti kebanyakan bunga. Warna ini merupakan warna dari kelopak bunga, sedangkan bagian mahkota hortensia berukuran lebih kecil. Hal ini karena tanaman hortensia ternyata tidak memiliki bunga sejati.

Karena merupakan kelopak bunga, warna bunga ini ketika masih kuncup adalah hijau. Bunga kemudian berubah warna menjadi putih, lalu mekar dan berubah warna tergantung pH tanah.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Pohon hortensia dapat tumbuh hingga ketinggian 1—3 meter. Tanaman ini juga dapat merambat pada tanaman lain hingga ketinggian 30 meter. Ciri lain hortensia adalah daunnya berbentuk bulat telur. Bagian tepian daun ini beringgit dan daun berwarna hijau muda berkilau.

Loading...
Loading...