Ibu Hamil Dilarang Makan Buah Nanas, Berbahayakah?


Pertanianku — Ada mitos yang menyebutkan bahwa ibu hamil dilarang makan buah nanas karena bisa menyebabkan keguguran. Benarkah begitu?

ibu hamil dilarang makan buah nanas
Pertanianku

Dilansir dari Tabloid Nakita, nanas (Ananas comosus) memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Buah ini mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan C, juga mangan, tembaga, kalium, betakaroten, asam folat, serta serat.

Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari kandungan nutrisi tersebut. Beberapa di antaranya untuk mengatasi sembelit, nyeri menstruasi, flu, cacingan, serta menjaga kesehatan mata, gigi, ginjal, jantung, tekanan darah, hingga tulang.

Berdasarkan kandungan gizi tersebut, para ahli kandungan dan kebidanan menyimpulkan bahwa konsumsi nanas justru sangat bermanfaat untuk kehamilan. Secangkir nanas mengandung 80—85 mg vitamin C yang mendorong pertumbuhan kolagen.

Menurut situs BabyCenter, kolagen berperan dalam pertumbuhan kulit, tulang, tulang rawan, dan otot-otot bayi. Vitamin C yang terkandung dalam nanas juga berperan dalam mengatur metabolisme dan mengubahnya menjadi energi.

Selain itu, secangkir nanas juga mengandung zat besi dan nutrisi yang penting untuk menghasilkan darah. Sementara, kandungan folatnya membantu mencegah cacat otak pada bayi. Di samping itu, kandungan seratnya yang tinggi membantu cegah sembelit dan bantu mengatasi mual dan muntah di pagi hari.

Menurut Rana Conway dalam bukunya, What to Eat When You’re Pregnant, mitos nanas bisa menggugurkan kandungan berasal dari adanya suatu enzim (bromelain) yang memecah protein. Padahal, janin yang baru terbentuk terbuat dari protein sehingga bromelain diasumsikan dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Akan tetapi, Conway tidak sepakat dengan anggapan ini. Mengonsumsi seporsi (secangkir) atau dua porsi nanas segar setiap minggu selama trimester pertama kehamilan dinilai aman. Menurutnya, satu buah nanas utuh mengandung bromelain dalam jumlah yang sangat sedikit. Nanas bisa saja memicu keguguran apabila Anda mengonsumsi 7—10 buah nanas utuh dalam sekali makan.

Baca Juga:  Taman Nasional Komodo Masuk Daftar Destinasi Wisata Terbaik di Asia

Kalaupun Anda mengonsumsi banyak nanas dalam sekali makan, itu hanya akan membuat Anda merasa mulas. Rasa mulas inilah yang diduga merangsang rahim dan mempercepat kelahiran (keguguran).

Jika Anda masih ingin menikmati nanas namun khawatir dengan efek buruknya, buat saja jus nanas atau nanas potong dengan membuang bagian tengahnya. Sebab, di bagian tengahnya yang keras inilah terdapat bromelain.

Tentu, akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi kehamilan Anda cukup aman jika mengonsumsi nanas.

loading...
loading...