Ide Bisnis Ketan Hitam, si Hitam yang Menggoda

PertaniankuBisnis ketan hitam sudah lama dikenal sebagai alternatif camilan bagi para konsumen. Tekstur ketan hitam yang lengket dan liat, serta penampakannya yang menarik membuat para konsumen membeli camilan dari ketan hitam. Jika tertarik, Anda juga dapat memulai bisnis ketan hitam tersebut dengan ide-ide makanan seperti berikut.

bisnis ketan hitam
foto: pixabay

Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam merupakan masakan simpel dan sudah lama dikenal. Bubur ini diolah dengan cara yang sedikit berbeda dengan cara memasak olahan bubur beras lainnya. Anda perlu mengukus ketan hitam hingga matang.

Loading...

Penyajian olahan bubur ketan hitam biasanya dilakukan dengan penambahan kuah santan. Agar rasanya lebih manis, Anda dapat menambahkan gula merah untuk bubur ini.

Klepon ketan hitam

Olahan satu ini juga menjadi alternatif camilan klepon yang biasanya terbuat dari tepung beras. Bagian dalamnya sama seperti klepon kebanyakan, yakni terbuat dari gula jawa yang dibuat lumer. Perbedaan yang terlihat adalah pada bagian kulitnya yang terbuat dari ketan hitam. Jadi, rasanya pun akan lebih legit.

Madumongso

Apakah Anda mengetauhi camilan yang satu ini? Bisnis ketan hitam berupa olahan madumongso akan meningkat mendekati momen Idulfitri. Madumongso sendiri adalah jajanan yang diolah dari ketan hitam yang sudah difermentasi. Ketan hitam ini kemudian dimasak hingga menjadi dodol dan dikemas dalam kemasan-kemasan kecil dan sekali makan.

Tapai ketan hitam

Olahan makanan yang satu ini hampir sama seperti tapai ketan pada umumnya. Pembuatan tapai ketan hitam menggunakan ketan hitam sebagai bahan utamnya. Rasanya pun sedikit berbeda dari tapai ketan kebanyakan. Perbedaan yang paling mencolok tentu saja pada tampilannya yang lebih menarik dari tapai ketan kebanyakan.

Baca Juga:  Rekomendasi Olahan Hidangan Buah Goreng

Mochi ketan hitam

Ketan hitam juga dapat diolah menjadi kue mochi. Kue kenyal dengan ragam isian ini menggugah selera para konsumennya. Pasar penikmat mochi pun sudah cukup luas. Anda cukup melakukan branding produk dengan membuat ciri khas dan keunikan tersendiri dari mochi ketan hitam yang Anda produksi. Misalnya, dengan mengganti isian mochi menjadi lebih variatif.

Loading...
Loading...