Ide Camilan Kacang yang Untungnya Menjanjikan

Pertanianku — Beragam jenis camilan kacang bisa dengan mudah dijumpai. Makanan ringan yang satu ini memang banyak diminati. Selain karena rasanya yang gurih lezat, kacang juga bisa diolah sedemikian rupa hingga beragam bentuk dan rasa. Harganya pun cukup terjangkau.

jenis camilan kacang
Foto: pixabay

Jika Anda tertarik berbisnis camilan kacang, ada beberapa jenis camilan dari kacang yang bisa dipertimbangkan. Anda pun bisa mengolahnya sendiri atau cukup melakukan re-packing untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kacang bawang

Pembuatan kacang bawang tidaklah rumit. Kacang dipisahkan dari kulitnya, kemudian digoreng. Bumbu yang diberikan pun tidak terlalu rumit, yakni hanya garam, bawang putih, dan penyedap.

Jika tertarik untuk menjual camilan kacang bawang, Anda bisa mencari produsen besarnya. Kacang bawang biasa dikemas dalam stoples bening sehingga terlihat kacang berwarna keemasan lengkap dengan irisan bawang putih. Kemas ulang kacang bawang dengan aneka wadah atau plastik kemasan menarik lainnya.

Kacang kulit

Kacang kulit diolah dengan lebih sederhana dibandingkan kacang bawang. Kacang tidak dilepas dari kulitnya, tetapi dicuci hingga bersih. Kacang pun dimasak dengan cara dikeringkan. Bisnis kacang kulit kering biasanya diminati sebagai camilan yang tahan lama.

Kacang atom

Kacang atom punya bentuk yang unik. Berbentuk bola-bola kecil berwarna putih. Kacang dibalut dengan tepung yang renyah. Kacang atom biasa tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari rasa bawang hingga pedas. Kacang atom biasanya dikemas dalam kemasan plastik.

Kacang telur

Hampir mirip dengan kacang atom, kacang telur juga dibuat dengan cara melapiskan adonan ke kacang yang sudah dikupas. Adonan yang digunakan menggunakan banyak telur sehingga disebut sebagai kacang telur.

Kacang telur diminati karena rasanya yang gurih dan manis. Kacang telur biasanya dikemas dalam ukuran yang lebih kecil dibanding kacang atom. Hal ini karena kacang telur punya bobot yang lebih berat.

Baca Juga:  4 Jenis Olahan Buah Pepaya yang Sangat Bermanfaat

Kacang disko

Kacang telur dan kacang atom cenderung punya kulit yang halus dan bentuk yang proporsional. Hal tersebut sangat berbeda dengan kacang disko. Kacang disko dibuat dengan dibalutkan pada adonan tepung. Bedanya, adonan ini tidak menyelimuti kacang secara rata sehingga bagian luarnya tampak keriting.

Anda bisa mengemas kacang disko dalam wadah yang lebih kecil. Hati-hati, kacang disko lebih mudah hancur karena kulitnya lepas dari kacang sehingga bentuknya tidak lagi menarik.

Kacang goreng pedas manis

Kacang ini juga memiliki tekstur yang sama dengan kacang disko, yakni lapisan bagian luarnya dibuat keriting dan tidak mulus. Pembedanya hanyalah pemberian rasa pada kacang. Kacang diberi bumbu pedas dan daun jeruk yang sudah dikeringkan.

Kacang goreng pedas manis biasanya lebih mahal ketimbang olahan kacang lainnya. Hal ini karena proses pengolahan dan bumbu yang digunakan juga lebih beragam.

Loading...