Ide Usaha Ternak yang Berpotensial

Pertanianku — Kebutuhan protein hewani sudah ada sejak dahulu hingga saat ini. Dahulu, manusia bisa dengan mudah memenuhi kebutuhannya dengan menangkap langsung di alam. Namun saat ini, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, masyarakat bisa langsung membelinya di peternakan dengan mudah. Selama protein hewani masih dibutuhkan oleh manusia, prospek usaha ternak masih sangat berpotensial.

usaha ternak
foto: pertanianku

Ada beberapa usaha ternak yang bisa menjadi sumber pendapatan Anda. Berikut ini beberapa komoditas peternakan yang bisa Anda coba untuk dilakukan sesuai dengan kemampuan Anda.

Ayam kampung

Loading...

Jika dahulu ayam kampung hanya dianggap sebagai hewan peliharaan biasa, kini peternakan ayam kampung sudah mulai berkembang di mana-mana. Ada banyak kelebihan ayam kampung yang sudah diminati oleh masyarakat, misalnya dari rasa daging yang lebih lezat. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari ayam kampung adalah daging, telur, bulu, bahkan hingga kotorannya.

Kroto

Kroto merupakan telur semut yang sering dijadikan pakan untuk burung hias atau ocehan. Kroto memiliki banyak kelebihan, salah satunya disukai oleh burung. Kroto sangat berpotensial untuk diternakkan karena persediaan di alam sangat terbatas. Selain itu, tren burung ocehan atau hias masih tinggi di pasaran dan menyebabkan permintaan kroto juga tinggi.

Permintaan dan persediaan masih berbanding terbalik sehingga sangat berpotensial untuk melakukan ternak kroto.

Kelinci pedaging dan hias

Ternak kelinci bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda coba. Hewan menggemaskan ini sudah memiliki pasarnya sendiri, bisa dipelihara sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan dan bisa juga dikonsumsi. Di beberapa daerah, kudapan yang berasal dari daging kelinci merupakan kuliner khas yang selalu dirindukan oleh pelancong.

Tidak hanya daging atau keimutan sosok kelinci yang disukai masyarakat, tetapi bulu kelinci juga bermanfaat dan bisa dijadikan produk yang bernilai jual. Tak heran, permintaan daging kelinci masih tinggi.

Baca Juga:  Fakta Unik Sapi yang Tersebar di Seluruh Dunia

Puyuh petelur dan pedaging

Telur puyuh sudah sejak lama disukai oleh masyarakat Indonesia. Telur puyuh bisa diolah menjadi berbagai macam resep masakan yang lezat. Hal tersebut menyebabkan permintaan telur puyuh tetap tinggi dari waktu ke waktu. Selain itu, daging puyuh juga mulai digemari oleh masyarakat karena sudah mulai masuk ke beberapa warung makan. Kotoran puyuh juga bisa diolah menjadi pupuk tanaman bernilai jual.

Jangkrik

Jangkrik merupakan serangga yang bersuara pada malam hari dan sering dijadikan pakan untuk binatang peliharaan atau dikonsumsi oleh manusia. Jangkrik bisa menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh manusia ataupun hewan. Sama seperti kroto, jangkrik digunakan untuk pakan burung ocehan yang saat ini sedang naik daun. Selain itu, jangkrik juga sering dijadikan pakan untuk ikan hias atau umpan pancing.

Loading...
Loading...