Ikan Dingkis, Ikan Pembawa Keberuntungan

Pertanianku — Saat perayaan Imlek, ikan dingkis sering disajikan sebagai santapan penting. Dalam bahasa Mandarin ikan ini disebut yu. Masyarakat Tionghoa percaya jika makan ikan yu di Hari Imlek bisa mendatangkan keberuntungan selama satu tahun.

ikan dingkis
foto; Fair use, https://id.wikipedia.org/w/index.php?curid=813420

Menyantap hidangan ikan dingkis saat Imlek ada aturannya. Anda tidak boleh membalik ikannya. Jadi, kalau sudah habis di satu sisinya, ambil lagi ikan yang masih utuh. Biasanya, orang yang lebih muda akan mendahulukan orang yang lebih tua untuk menyantap hidangan ikan dingkis.

Harga ikan dingkis selalu melambung ketika menjelang Imlek. Apalagi, jika ikan dingkis tersebut bertelur dalam jumlah banyak, harga per kg bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Ikan ini bisa menghasilkan telur dengan warna bervariasi, antara kuning atau putih. Anak-anak muda biasanya lebih senang mengonsumsi telur berwarna putih, sedangkan orang-orang tua lebih senang mengonsumsi yang berwarna merah.

Ikan dingkis bisa bertelur sebanyak dua kali, yaitu pada Februari—Maret dan Juli—Oktober. Imlek dirayakan bertepatan pada musim bertelurnya ikan ini sehingga ikan yang ditangkap pasti sedang bertelur. Hanya saja jumlah telur yang dimiliki berbeda-beda.

Karena musim bertelurnya selalu terjadi ketika Imlek, ikan ini juga sering disebut sebagai ikan imlek.

Masyarakat Tionghoa yang mengonsumsi ikan dingkis pada Hari Imlek biasanya berdomisili di Batam dan Singapura. Masyarakat di sekitar Kepulauan Riau menyebutnya dengan ikan baronang susu. Hal ini karena ketika dipencet pada bagian bawahnya, ikan dapat mengeluarkan cairan berwarna putih seperti susu.

Anda bisa menemukan ikan ini di sekitar terumbu karang yang banyak ditumbuhi rumput laut dan lamun yang merupakan makanannya. Oleh karena itu, ikan baronang susu juga sering disebut sebagai rabbitfish karena memakan tumbuhan seperti kelinci.

Baca Juga:  Dugong, Mamalia Laut yang Terancam Punah

Di balik keunikannya, ikan dingkis ternyata mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh, seperti vitamin C, D, dan E. Vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, serta daya tahan tubuh agar tubuh Anda menjadi bugar.

Ikan yang memakan rumput laut ini juga mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata serta omega yang penting untuk mendukung perkembangan otak.

 

 


loading...