Ikan Gabus Hias yang Sedang Digandrungi Pencinta Ikan Hias

Pertanianku — Tren memelihara ikan hias yang sedang menggeliat membuat sebagian jenis ikan hias ikut populer. Salah satu jenis ikan hias yang sedang naik daun adalah ikan gabus hias atau sering disebut sebagai ikan channa. Berbeda dengan ikan gabus konsumsi, ikan channa ini memiliki penampilan serta corak yang indah.

ikan gabus hias
foto: Pixabay

Sifat ikan gabus hias hampir sama seperti ikan cupang yang teritorial. Ikan channa bisa menyerang ikan lainnya yang berada di wilayahnya. Oleh karena itu, ikan ini umumnya dipelihara secara terpisah di dalam akuarium khusus seperti cupang.

Menurut beberapa sumber, ikan channa juga dikenal sebagai snakehead emperor yang berarti kepala ular karena kepalanya menyerupai ular. Harga ikan channa terbilang mahal, bahkan ada yang sampai harganya jutaan.

Ada banyak jenis ikan channa yang dijadikan sebagai ikan hias, seperti yellow sentarum, red sampit, canna asiatica, dan strip merah. Selain itu, ada juga ikan channa yang diimpor dari luar negeri seperti stewarti kalikhola, andrao, auranti, dan bleheri. Channa impor pada umumnya memiliki motif serta warna yang berbeda. Bar (pola/motif) pada tubuhnya cenderung lebih cerah dibandingkan channa lokal.

Nilai keunikan pada channa impor memang lebih banyak digemari oleh pehobi ikan predator air tawar. Tak heran, harga ikan gabus hias impor mencapai puluhan juta. Secara umum faktor yang membuat harga ikan hias ini mahal ialah warna, motif, dan perilakunya.

Namun, ada beberapa ikan channa yang dilarang masuk ke Indonesia karena dinilai dapat merusak lingkungan di Indonesia, seperti ikan channa dari Korea dan Rusia.

Sementara itu, untuk harga ikan channa lokal terbilang cukup terjangkau. Harga jualnya dimulai dari kisaran Rp30.000—Rp45.000 per ekor, bergantung pada ukuran dan jenisnya.

Baca Juga:  Upaya KKP untuk Menyelamatkan Ikan Terubuk yang Terancam Punah

Cara perawatan ikan gabus hias ini terbilang cukup mudah dan tidak sesusah ikan hias air tawar lainnya. Pasalnya, ikan gabus bisa hidup di perairan yang minim oksigen sehingga Anda tidak perlu menambah instalasi aerator atau penambah oksigen. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik gabus hias yang menawan.