Ikan Hias dengan Corak Unik Merah Putih

Pertanianku — Peminat ikan hias seperti tidak pernah ada matinya, selalu ada sepanjang tahun meskipun kadang pamor ikan hias sedang turun. Sejak pandemi COVID-19, popularitas ikan hias kembali terangkat karena banyak orang yang memilih memelihara ikan hias untuk mengisi waktu senggang.

ikan hias
foto: pexels

Salah satu daya tarik ikan hias adalah corak pada tubuhnya. Corak tersebut terdiri atas berbagai warna yang membuat penampilan ikan ini menjadi sangat menarik. Sebetulnya, ada banyak jenis ikan hias dengan corak yang menarik. Berikut ini beberapa jenis ikan hias yang umum dijumpai dengan corak unik dan menarik karena tersusun dari dua warna, yaitu merah dan putih.

Ikan guppy

Ikan guppy Indonesian Flag memiliki corak unik karena bagian atas tubuh ikan dari pangkal ekor hingga kepala didominasi oleh warna merah, sedangkan di bagian bawahnya berwarna putih. Ikan ini dihasilkan melalui riset panjang oleh lembaga pengrajin ikan guppy dan mulai dikenalkan ke publik pada 2019. Sebetulnya, guppy ini bukan spesies baru, melainkan guppy biasa yang sudah tersebar di seluruh dunia.

Ikan cupang halfmoon

Kecantikan ikan cupang halfmoon terletak pada sirip ekor yang berbentuk seperti setengah bulan. Sirip dan ekor ikan yang bersatu padu dengan tubuh ikan membentuk tubuh yang indah. Gerakan ikan cupang halfmoon terlihat anggun saat ikan bergerak.

Harga ikan cupang halfmoon yang memiliki sirip serta ekor berwarna merah ini terbilang fantastis, berada di kisaran Rp80.000 hingga jutaan rupiah, bergantung pada kondisi fisik ikan.

Ikan koi kohaku

Ikan koi kohaku merupakan raja dari semua ikan koi karena varietas pertama ikan koi yang dikembangkan dengan dua warna, yaitu bercak merah dan putih (shiroji). Pada 2020 ikan koi kohaku sempat laku terjual dalam ajang pelelangan ikan koi Nigata dengan harga Rp1,1 miliar. Ikan koi kohaku sendiri memiliki delapan jenis yang dapat Anda jumpai di pasaran ikan hias.

Baca Juga:  Alat Vanamerator Sukses Genjot Produksi Udang di Sulawesi Selatan