Ikan Hias Discus Bisa dengan Mudah Dibudidayakan di Indonesia


Pertanianku — Popularitas ikan hias terus menanjak, semakin banyak orang yang menyadari bahwa ikan hias bisa dijadikan ladang pendapatan seperti ikan konsumsi, salah satunya ikan hias discus.

Ikan Hias Discus
Foto: Dok. Pertanianku

Ikan asal sungai Amazon ini terkenal sulit untuk dibudidayakan karena habitat aslinya bukan di Indonesia. Akan tetapi, seorang praktisi ikan hias telah menemukan solusinya.

Selama bertahun-tahun ia berkecimpung di dunia ikan hias hingga akhirnya berhasil mendapatkan solusi bagaimana membudidayakan ikan yang bernilai ekonomis tinggi itu dengan sukses.

Semua pengetahuannya kemudian ia tuangkan dalam sebuah tulisan dan dijadikan buku yang baru saja dilaunching pada, Jumat (6/7/2018) lalu di Jakarta, dengan judul Panduan Praktis Budidaya Diskus.

“Buku ini hadir karena rasa peduli saya terhadap keluhan masyarakat yang ingin membudidayakan ikan diskus tapi tidak tahu caranya sehingga ikan-ikan itu tidak bisa berkembang,” ungkap Muhammad Zen, penulis buku tersebut ketika menyampaikan sambutan di acara launching.

Dikatakannya, dalam buku tersebut ia tulis tak hanya berisi ilmu pengetahuannya sendiri, tetapi juga hasil dari berbagai pengalaman yang ia dapatkan dari mengikuti seminar-seminar dan workshop terkait budidaya ikan hias.

“Jadi buku ini bukan karya saya seorang, tapi karya kita semua yang bergelut di bidang ikan hias,” katanya.

Menurutnya, membudidayakan ikan hias discus tidaklah sulit asal dilakukan dengan baik dan benar. Untuk itu, dihadirkan buku panduan tersebut untuk menuntun para hobiis sehingga discus saat ini bisa dibudidayakan di Indonesia dengan mudah.

Baca Juga:  Sektor Pertanian Indonesia Ungguli Amerika
loading...
loading...