Ikan-ikan Ini Gemar Memangsa Hewan Daratan, Apa saja?

Pertanianku — Ikan adalah salah satu makhluk hidup yang menghabiskan 100 persen masa hidupnya di dalam air. Namun, pasti akan sangat aneh jika ada beberapa spesies ikan memangsa hewan daratan. Padahal, banyak dari spesies ikan di dunia yang tidak mampu bertahan hidup lama di darat, apalagi mencari mangsa.

ikan memangsa hewan daratan
Foto: Google Image

Namun ternyata, beberapa spesies ikan ini telah mengembangkan teknik khusus untuk menangkap hewan darat. Lalu, ikan apa saja yang dimaksud?

  1. Lele eropa

Lele eropa hidup di Sungai Tarn di Albi, Prancis. Lele ini telah berevolusi untuk memangsa burung merpati di tepian sungai. Ada satu teori yang diyakini, yaitu lele eropa telah memakan sebagian besar mangsa mereka di dalam sungai sehingga kekurangan makanan yang memaksa mereka untuk mencari alternatif mangsa di luar sungai.


Loading...

Cara berburu ikan ini hampir mirip seperti buaya, di mana ikan ini akan memfokuskan serangan dengan sekali sergapan terhadap merpati yang sedang berada di tepian sungai. Setelah lele menangkap merpati, mereka langsung dengan sigap menyeret tangkapan mereka ke dalam sungai.

  1. Ikan pemanah

Ikan pemanah adalah ikan predator yang memiliki kemampuan unik untuk berburu mangsa. Ia akan menyerang serangga yang sedang terbang atau yang sedang menempel di ranting sekitar tempat ikan ini hidup dengan cara “memanahnya”.

Sesuai dengan namanya, ikan ini menyerang mangsanya tidak dengan menyergapnya, tetapi dengan cara memanahkan air ke mangsa incaran mereka dengan mulutnya. Serangga yang terkena panahan air dari ikan ini akan langsung limbung dan jatuh ke dalam air yang akan langsung disergap oleh ikan ini.

  1. Paus pembunuh

Selain memakan beragam jenis hewan laut, ternyata paus pembunuh juga gemar memangsa burung yang sedang terbang di atas air atau hewan darat lainnya (seperti penguin atau anjing laut) yang berkeliaran di sepanjang garis pantai.

Meski tubuhnya besar, ikan ini bisa melompat kuat ke atas air untuk menangkap burung yang sedang terbang dan juga meluncur kuat ke pinggir pantai untuk menangkap mangsa yang akan langsung ia seret kembali ke dalam laut.

  1. Arwana perak

Arwana perak adalah salah satu ikan ganas lainnya yang hidup di perairan Amerika Selatan. Berbeda dengan kebanyakan jenis arwana lainnya, arwana perak ini mampu melompat keluar dari air dengan gerakan yang sangat cepat untuk menangkap burung, serangga, dan bahkan ular yang tengah bergelantungan di cabang pohon di atas air. Mangsa dari arwana perak yang telah didokumentasikan adalah laba-laba, kumbang, burung kecil, dan ular.

  1. Lele belut

Lele belut telah berevolusi untuk keluar dari perairan untuk memburu mangsa di daratan. Selain memangsa berbagai ikan kecil dan serangga air, lele belut ternyata juga menyukai kumbang. Ketika lele belut menemukan kumbang, mereka akan keluar dari air dan menggeliat di daratan.

Begitu jarak ikan ini sudah dekat sang kumbang, mereka akan memunculkan bagian depan tubuhnya dan menekuk kepalanya ke arah kumbang. Dengan menggunakan rahangnya, lele belut menangkap kumbang dan membawanya kembali ke air untuk dimakan.

Loading...
Loading...