Ikan Laut Paling Bahaya Bagi Manusia


Pertanianku — Ada begitu banyak hewan yang menghuni lautan dan termasuk di antaranya ikan laut paling bahaya bagi manusia sehingga dapat mematikan. Tak jarang kita melihat ikan di laut kemudian mengira ikan itu unik dan cantik. Namun, di balik keindahan dan kecantikan hewan laut ini, ternyata ada banyak yang memiliki racun berbahaya.

ikan laut paling bahaya
Foto: Google Image

Berikut ini beberapa contoh ikan laut yang harus diperhatikan karena sangat berbahaya bagi manusia.

  1. Ikan batu (Synanceia verrucosa)

Ikan lepu batu adalah ikan yang hidup di perairan hangat. Perairan yang dipilih ikan batu biasanya berkarang atau yang dipenuhi dengan tumbuhan gangang kecil. Ikan lepu batu dianggap sebagai jenis lepu yang paling beracun dan berbahaya bagi manusia.

Ikan yang suka menyamar ini memiliki racun yang sangat kuat. Ia bahkan disebut-sebut sebagai ikan paling beracun di lautan. Ikan lepu batu tidak akan bergerak dan hanya menggerakkan duri-duri punggungnya yang sangat beracun saat merasa terancam.

  1. Ikan buntal (Fugu fish)

Ikan buntal (fugu fish) adalah ikan yang menyerupai bola duri. Di balik bentuknya yang lucu dan unik, ikan ini memiliki racun yang sangat mematikan. Ikan ini dianggap memiliki racun paling berbahaya kedua di dunia. Disebut dengan nama ikan buntal karena bentuknya yang kembung dan buntal, serta memiliki kemampuan menggembungkan tubuhnya.

  1. Ikan baronang (Baronang rabbit fish)

Ikan baronang terlihat serupa dengan mujair. Ikan ini memiliki duri yang beracun dan berbisa pada sirip punggung (dorsal fin), sirip panggul (pelvic fin), dan sirip duburnya (anal fin). Racun dari duri ini tidak terlalu berbahaya sama halnya dengan ikan lepu atau ikan buntal. Ikan ini dapat dijadikan santapan dengan cara membersihkan bagian duri-durinya.

  1. Ikan butana (Botana surgeon fish)

Ikan butana adalah ikan yang memiliki tubuh molek. Namun, ikan butana sangat berbahaya karena memiliki duri-duri yang cukup berbisa.

  1. Ikan pari (Sting ray)

Ikan pari banyak hidup daerah perairan tropis, mulai dari perairan dalam sampai ke daerah pantai yang dangkal. Jenis ikan pari sangat banyak, namun sebagian dari mereka memiliki sengat yang berbisa pada ujung ekornya. Ikan pari biasa bersembunyi dengan cara mengubur dirinya di dalam pasir atau lumpur di dasar laut. Jika kita menginjaknya, akan mengakibatkan rasa sakit dan bisanya mampu membunuh.

  1. Ubur-ubur (Jelly fish)

Ubur-ubur adalah jenis makhluk laut yang ditemukan hampir di seluruh perairan, baik dalam keadaan sendiri maupun berkelompok. Ubur-ubur ada banyak jenisnya. Ada juga yang berwarna bening atau transparan dan hampir tidak terlihat. Selain itu, ubur-ubur adalah makhluk laut yang sangat berbahaya bagi manusia.

Baca Juga:  Cara Mudah Budidaya Udang untuk Pakan Ikan

Kebanyakan ubur-ubur tidak dapat terlihat dan mereka mempunyai tentakel yang dapat menyengat juga berbisa. Bisa yang dikeluarkannya dapat menyebabkan rasa sakit bahkan dapat mengakibatkan kelumpuhan.

  1. Needlefishes

Needlefishes atau yang lebih dikenal dengan ikan todak adalah sejenis ikan yang sering terlihat berenang di permukaan air karena ikan ini sering berburu ikan kecil sejenis ikan teri. Bentuk mulutnya yang panjang serta gigi yang tajam membantu ikan todak untuk menusuk dan dapat melumpuhkan mangsanya. Gigi ikan todak jauh lebih seram jika dibandingkan dengan gigi seekor buaya dan itu sangat berbahaya bagi manusia.