Ikan Lele Diolah Jadi Cendol, Apa Rasanya Ya?


Pertanianku – Setelah sebelumnya ikan patin diolah menjadi es datin (dawet patin) kini ikan lele diolah menjadi es cendol? Bagi Anda pecinta kuliner pasti akan dibuat heran bagaimana ikan yang seharusnya dikonsumsi bersama nasi justru diolah menjadi minuman manis? Kira-kira seperti apa ya rasa es cendol lele tersebut?

Ide awal membuat es cendol dari ikan lele ini karena seorang mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung, Muhammad Rohman, berpikir bahwa ikan lele mudah didapatkan. Akhirnya ia berinovasi untuk membuat produk minuman tersebut.

Kepiawaiannya mengolah ikan lele menjadi berbagai produk olahan termasuk cendol lele ini, mengantarkannya menjadi kandidat ajang pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional 2017.

Rektor UNU Dr. Nasir, salah seorang yang telah mencoba langsung cendol lele itu. Menurutnya, cendol lele tersebut adalah makanan yang unik karena kandungan gizinya lebih banyak dibandingkan dengan cendol yang dijual pada umumnya.

“Saya sudah mencobanya, rasanya enak dan tidak amis,” tuturnya.

Rohman mengatakan bahwa cendol lele buatannya terbuat dari bahan baku ikan lele, beras, dan sagu. Menurutnya, ide pembuatan cendol lele itu muncul karena ia ingin masyarakat menyukai makan ikan lele lewat cendol lele itu.

“Karena ada sebagian orang tidak suka makan lele karena baunya amis, padahal gizi dan proteinnya banyak,” tuturnya.

Proses pembuatan cendol lele, Rohman menerangkan sangat mudah. Caranya, ikan lele yang telah dibersihkan terlebih dahulu dikukus selama 15 menit. Dagingnya dipisahkan dari duri dan kulit. Selanjutnya, daging lele dicampur daun pandan sebagai penghilang bau amis serta dicampur tepung beras dan sagu.

Selanjutnya, adonan tadi dimasak sampai matang. Setelah mengental, adonan dimasukkan ke pencetakan khusus cendol sehingga menjadi butir-butir cendol. Untuk penyajiannya, sama dengan cendol lainnya, yakni disajikan dengan santan dan gula merah.

Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta

Rohman selama ini menjual cendol lelenya secara berkeliling dengan sepeda motornya. Cendol lele buatannya itu disukai banyak orang. Hasil penjualan cendol lele ia gunakan untuk membiayai kuliahnya.

loading...
loading...