Ikan Mas Ubah Air Jadi Alkohol Saat Musim Dingin, Benarkah?


Pertanianku – Salah satu ikan yang banyak dikonsumsi dan permintaannya semakin meningkat di pasaran adalah ikan mas. Ikan yang banyak dijadikan makanan favorit masyarakat ini tak hanya bisa dikonsumsi. Ikan mas juga merupakan salah satu ikan yang dapat dipelihara.

Foto: pixabay

Namun, tahukah Anda ikan mas punya kemampuan yang mungkin belum banyak diketahui. Percaya atau tidak, ternyata ikan mas memiliki kemampuan yang tak dimiliki ikan lainnya, yakni bisa mengubah air menjadi alkohol. Lantas, bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Ikan mas ternyata memiliki mekanisme yang sama dengan ragi bir. Dengan begitu, mereka bisa mengubah air menjadi alkohol berdasarkan situasi yang mereka alami.

Dilansir Elitereaders, seorang peneliti bernama Michael Berenbrink dari Universitas Liverpool mengatakan bahwa kemampuan ikan mas untuk mengubah air menjadi alkohol disebut dengan adaptasi evolusioner.

Sama seperti bunglon, mereka bisa memaksa diri untuk konsisten dengan lingkungan tempat mereka berada. Yang membuatnya menarik, hal tersebut tergolong baru bagi spesies air tersebut.

Menurut IFLSience, ikan mas sama dengan crucian crab, yang termasuk keluarga ikan mas. Di Eropa utara, musim dingin terjadi sepanjang bulan sehingga mengajarkan mereka untuk bertahan dalam permukaan beku. Kondisi tersebut membuat mereka membekukan air seperti kolam.

Ditambah lagi dengan konsumsi oksigen terbatas, crucian crab mengembangkan mekanisme respirasi baru. Ini disebut pernapasan anaerobik, dan itu yang bisa mereka lakukan selama berminggu-minggu untuk bertahan pada musim dingin.

Ikan mas cenderung membangun kadar asam laktat tertentu di tubuh mereka. Dan, untuk mencegah agar tidak meningkat, mereka mengubah asam menjadi etanol alias alkohol yang dilepas ke air melalui insang.

“Selama mereka di air yang bebas oksigen di kolam tertutup, mereka bisa bertahan selama berbulan-bulan di habitat utara Eropa. Konsentrasi alkohol dalam ikan mas bisa mencapai lebih dari 50 mg per 100 mililiter,” ungkap Michael.

Baca Juga:  Halau Penyakit Rhinitis dengan Perbanyak Konsumsi Ikan Salmon
loading...
loading...