Ikan Molly Balon, Ikan Hias yang Tidak Bertelur

Pertanianku – Ikan hias saat ini sedang marak diburu oleh pecinta ikan hias baik dewasa dan anak-anak. Ikan hias terdiri dari berbagai macam jenis yang sangat variatif. Ikan hias yang sedang banyak disukai saat ini adalah ikan molly balon. Ikan molly balon terlihat sangat menarik. Ikan ini memiliki panjang sekitar 12 cm dengan memiliki perut yang buncit.

Ikan Molly Balon, Ikan Hias yang Tak Bertelur

Ikan molly balon memiliki nama ilmiah Poecilia latipinna, namun karena perut ikan ini saat dewasa buncit mirip balon banyak yang menyebutnya ikan molly balon. Bentuk ikan yang buncit dan lucu inilah yang menjadi daya tarik para penggemar ikan hias.

Sampai saat ini ada beragam varietas dan warna yang sangat banyak ini disebabkan persilangan dan mutasi. Keindahan ikan molly balon akan semakin tampak saat ikan ini sudah cukup besar dan berbentuk seperti bola. Ikan molly balon merupakan salah satu komoditas ikan hias air tawar di Indonesia.  Ikan molly termasuk dalam jenis ikan “live brearer” (melahirkan anaknya), bukan bertelur dan termasuk ikan jenis omnivora.

Ikan molly balon termasuk ikan yang cukup mudah dipelihara dan tidak memerlukan properti yang bermacam-macam. Cukup dipelihara di akuarium, ember plastik, bak semen atau media lainnya. Untuk memelihara ikan ini tidak perlu perawatan yang intensif karena ikan ini memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. Ikan molly balon tidak mudah terserang penyakit dan mempunyai daya tahan tubuh yang cukup baik dalam beradaptasi dengan lingkungannya.

Di habitat aslinya ikan molly balon tinggal di suhu perairan 25–28° C dengan pH 8 dan kekerasan sekitar 14–20° dH. Namun, karena sudah lama dipelihara di daerah dengan pH 7 maka saat ini tampaknya pembudidayaan di daerah ber pH netral pun sudah tidak ada masalah.

Baca Juga:  Kiat Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Koi