Ikan Nemo, Ikon Wisata Pulau Tikus


Pertanianku – Ikan Nemo sangat popular terlebih  ada film animasi yang berjudul Finding Nemo. Ikan nemo berpotensi untuk dijadikan ikon wisata bahari Pulau Tikus Kota Bengkulu.

Ikan Nemo, Ikon Wisata Pulau Tikus

Ikan ini di Bengkulu disebut ikan badut. Saat ini masih banyak terdapat di kawasan hamparan terumbu karang di pulau tak berpenghuni yang hanya berjarak 8 kilometer dari bibir pantai sebelah barat Kota Bengkulu. Bagi para pecinta snorkeling, Ikan Nemo memiliki daya tari tersendiri. Keberadaannya saat ini masih dalam jumlah banyak dan dijaga oleh para pecinta olahraga menyelam laut dangkal.

Pemerintah Kota Bengkulu mengklaim menemukan ikan yang memiliki kemiripan dengan ikan Nemo dalam film kartun anak-anak tersebut. Bahkan Pemerintah Kota Bengkulu memiliki bukti otentiknya berupa foto-foto ikan nemo di sekitar perairan pulau tikus.

Wakil Wali Kota Bengkulu Patriana Sosialinda saat berkunjung ke Pulau Tikus mengatakan ikan Nemo atau ikan badut akan dijadikan ikon pulau tikus untuk menarik minat para pelancong untuk datang ke Bengkulu.

Ikan nemo memiliki warna terang, oranye dan putih serta bergaris hitam. Ikan ini termasuk jenis ikan hias dan bukan ikan konsumsi karena bentuknya yang lucu dan memiliki keunikan tersendiri. Selain Nemo, ada ribuan jenis ikan hias dan ikan konsumsi yang bisa ditemukan dipulau tikus.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Rinaldi mengungkapkan pihaknya telah mengusulkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia untuk minta membantu pembangunan dermaga apung di pulau tikus. “Kami sudah usulkan kepada Menteri Susi untuk membantu membangun dergama apung di Pulau Tikus ini, agar pengujung yang datang tidak merusak terumbu karang” jelas Rinaldi.

Sebenarnya usulan tersebut sudah lama disampaikan sejak 2014 lalu, namun, sampai saat ini belum dapat direalisasikan. “Kami akan masukkan lagi dan akan kami giring agar usulan kita ini bisa direalisasikan, dan kami minta kepada DKP Kota Bengkulu juga untuk ikut membantu dalam menggiring proposalnya.” Meskipun fasilitas di Pulau Tikus masih sangat minim untuk pengunjung, tetapi sejak ada fasilitas kapal cepat dan menuju pulau tikus yang disediakan oleh pihak Wisata bahari, dipastikan setiap hari libur pulau tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga:  Kunjungan Wisatawan Pulau Komodo Perlu Ditata Ulang
loading...
loading...