Ikan Stargazer, Rupanya Unik Seperti Manusia


    Pertanianku Ikan Stargazer merupakan ikan bawah air yang termasuk famili Uranoscopidae dari ikan perciform yang memiliki mata di atas kepala mereka. Ikan ini ternyata sangat sulit ditemukan karena kebisaannya yang suka menyembunyikan diri di dalam pasir hingga wujudnya tersamarkan.

    Ikan stargazer
    Foto: Google Image

    Famili ini mencakup sekitar 51 spesies (satu spesies sudah punah) dalam delapan generasi yang semuanya merupakan satwa laut. Ikan Stargazer dapat ditemukan di seluruh dunia di perairan asin, baik dangkal maupun dalam.

    Wajahnya yang cukup seram terlihat seperti muka manusia, sangat aneh tapi unik. Sirip punggung dan duburnya relatif panjang. Selain mata yang terpasang di atas, stargazer juga memiliki mulut besar yang menghadap ke atas dengan kepala besar. Kebiasaan mereka adalah mengubur diri mereka di pasir, dan melompat ke atas untuk menyergap mangsa yang lewat di atas kepala.

    Beberapa dari mereka memiliki pemancing yang tampak seperti cacing tumbuh dari lantai mulut mereka. Pemancing tersebut mereka goyangkan untuk menarik perhatian mangsanya. Ikan-ikan kecil dan makhluk-makhluk invertebrata laut sering menjadi mangsa favorit ikan stargazer.

    Stargazers memiliki dua duri berbisa besar yang terletak di belakang operater mereka dan di atas sirip dada. Walau demikian, ikan ini ternyata merupakan ikan yang rasanya lezat. Anda tidak perlu khawatir dengan racun yang dimilikinya. Sebab,  racunnya itu tidak akan berpengaruh saat dimakan. Di beberapa tempat, ikan ini dijual dengan organ beracunnya yang sudah dilepas.

    Dunia bawah air memang tak henti-hentinya membuat kita semua takjub dengan segala keindahan dan keunikannya.

    loading...
    loading...