Ikuti 8 Syarat Kandang Puyuh yang Ideal

Pertanianku — Kandang merupakan salah satu bagian penting untuk beternak puyuh sehingga pembuatan kandang harus dilakukan dengan perencanaaan yang matang. Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk membuat kandang puyuh yang ideal.

kandang puyuh ideal
foto: pertanianku

Skala usaha

Anda harus menentukan skala usaha untuk mengetahui seberapa banyak burung puyuh yang mengisi kandang puyuh. Biasanya skala kecil akan membutuhkan populasi puyuh sebanyak 250—1.000 ekor, skala sedang sebanyak 1.000—1.500 ekor, dan skala besar lebih dari 5.000 ekor puyuh.

Loading...

Luas lahan

Luas lahan akan berpengaruh terhadap jumlah burung puyuh yang dapat dipelihara dan bentuk kandang. Lahan yang sempit dapat menggunakan kandang bertingkat. Namun, tingkat kandang usahakan jangan sampai empat tingkat. Berikan jarak antartingkat sebesar 30—40 cm dan diberi pembatas yang terbuat dari kawat kasa atau bilah bambu.

Letak kandang

Tata letak kandang sebaiknya diatur dengan baik agar kandang mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang cukup. Sinar mataari pagi baik untuk pertumbuhan burung dan merupakan sumber vitamin D bagi puyuh yang masih berumur tiga minggu ke bawah. Selain itu, sinar matahari baik untuk sanitasi kandang dan mampu mengeliminasi mikroorganisme yang merugikan.

Luas kandang

Luas kandang harus pas, tidak terlalu luas ataupun tidak terlalu kecil. Kandang yang terlalu besar membuat burung semakin aktif dan membuat cadangan lemak serta proteinnya lebih banyak yang terkuras. Hal tersebut akan membuat produktivitas telur menurun.

Luas kandang 1m2 dapat menampung 50 ekor puyuh berukuran 45 hari. Jika memelihara terlalu banyak akan menyebabkan kegaduhan, terutama saat pemberian pakan.

Bahan kandang

Untuk membuat kandang puyuh, cukup dengan menggunakan kerangka yang terbuat dari papan dan kaso atau bambu. Dinding kandang dapat terbuat dari kawat kasa, sedangkan kisi-kisi terbuat dari bambu/kayu/anyaman bambu.

Baca Juga:  Kambing PE Kaligesing, Kambing Populer di Indonesia

Atap dapat terbuat dari seng, genting, atau tripleks yang dilapisi plastik, dan alas kandang dapat menggunakan kawat kasa atau kisi-kisi bambu. Celah lantai jangan terlalu lebar agar kaki burung puyuh tidak terperosok.

Lantai dan alas kandang

Lantai kandang tidak boleh lembap sehingga lebih baik dibuat dari beton agar mudah untuk dibersihkan.

Kondisi kandang

Suhu ideal untuk kandang puyuh sekitar 20—25°C sehingga untuk menjaga kestabilan suhu, Anda perlu membuat ventilasi dengan plastik atau dinding yang dapat dibuka tutup. Kelembapan ideal kandang sekitar 30—80 persen. Tingkat kelembapan yang tinggi dapat menurunkan produktivitas puyuh.

Penerangan tambahan

Penerangan harus diberikan dalam kandang pada malam hari. Penerangan akan berfungsi sebagai penghangat dan meminimalisir kejutan pada puyuh. Kejutan dapat membuat burung berkumpul dalam satu tempat dan berpotensi menimbulkan salah satu burug puyuh mati tergencet.

 

Loading...
Loading...