Ikuti Rangkaian AcaraTrubus Expo Digital Edition 2022

Trubus Bina Swadaya (TBS) Grup kembali menggelar Trubus Expo Digital Edition secara virtual yang akan berlangsung selama tiga hari, 26–28 Januari 2022 di website www.trubusexpo.com. Mengusung tema “a Good Start for a Brighter Tomorrow”, TBS percaya awal yang baik akan berdampak pada akhir yang baik pula.

Trubus Expo

“Melalui kegiatan online expo ini yang digelar di awal tahun diharapkan dapat menumbuhkan harapan masyarakat untuk meraih impian di 2022 yang masih dalam suasana pandemi COVID-19,” demikian disampaikan Direktur Pengembangan dan Program Trubus Bina Swadaya Grup sekaligus Ketua Pelaksana Trubus Expo Digital Edition, Rudi Hartono.

Hari pertama Trubus Expo, Rabu, 26 Januari 2022, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, akan menghadirkan bincang-bincang seru dengan tema agribisnis, iklim, dan UMKM.      

Pertama, “2022: Peluang dan Tantangan Agribisnis”, yang mengangkat tren peluang komoditas agribisnis sekaligus tantangannya ke depan. Hadir dalam bincang-bincang ini antara lain Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc. (Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian), Juliana (Founder Juli Mango), Arief Darjanto (Dosen Senior Sekolah Bisnis dan Program Pascasarjana Manajemen Bisnis IPB), Vendi T. Suseno (Bisnis Development Manager PT Laris Manis Utama), dan Helianti Hilman (Founder Javara).

Kedua, “Ngobrol Bareng Pakar: Kiat Sukses Membuahkan Kelengkeng New Kristal” bersama Muhammad Dana Nurhadi, petani muda, yang akan mengupas tuntas tips dan trik sukses membuahkan kelengkeng new kristal, mulai dari pemilihan bibit hingga proses panen dan pascapanen.

Ketiga, “Adaptasi Perubahan Iklim yang Berkelanjutan” yang akan membahas upaya meringankan dampak buruk terhadap perubahan iklim. Diskusi ini menghadirkan Dr. Myrna A. Safitri (Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan, Badan Restorasi Gambut), Dr. Mahawan Karuniasa (Ketua Umum Jaringan Ahli Perubahan Iklim dan Kehutanan Indonesia), Sunu Tantra (Senior Environmental and Social Safeguard, PT Sarana Multi Infrastruktur), Dr. Bayu Megawanto (Direktur Program Yayasan KEHATI), dan Muliawan Margadana (Direktur Bukit Baiduri Energi Group).

Baca Juga:  Terapkan Pola Kemitraan, Petani Tembakau di Blora Untung

Keempat, talkshow “Nabung Yuk, Bantu Mereka”. Melalui talkshow ini Koperasi Bina Swadaya Nusantara (KBSN) mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dan bergandeng tangan membantu pelaku usaha mikro dan ultra mikro perempuan untuk terus berdaya serta mudah mengakses permodalan. Hadir sebagai narasumber Khilosotus Sholeha (Community Organizer KBSN), Ruri Arinawati (Ketua KBSN), dan Emilda (pelaku UMKM Binaan KBSN).

Hari kedua Trubus Expo, Kamis, 27 Januari 2022, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, menghadirkan bincang-bincang seru dengan tema agribisnis dan makanan sehat. Pertama, “Sulap Lahan Tidur Menjadi Kebun Buah Komersil Beromzet Jutaan” bersama Toko Trubus ini akan memaparkan cara menyulap lahan tidak produktif menjadi kebun buah langsung dari konsultan dan trainer agribisnis Toko Trubus, Sandi Caroko dan Eki Setyarini. Simak pula testimoni dari pelaku agribisnis sukses yang dibimbing oleh Toko Trubus.

Kedua, “Ngopi: Berat Badan Ideal dengan Makan Enak dan Gizi Seimbang” bersama Wisma Hijau yang akan membahas cara makan enak dan sehat tanpa diikuti dengan kenaikan berat badan langsung dari pakar kebugaran, Nazhif Gifari, S.Gz., M.Si. Simak tips dan trik memadupadankan konsumsi makanan agar gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Ketiga, “Festival Durian: Potensi dan Cita Rasa Durian Lokal” bersama Majalah Trubus, simak dan temukan potensi berbagai durian lokal/Nusantara unggulan dengan beragam cita rasa bersama para pakar durian, Reza Tirtawinata (Pendiri Yayasan Durian Nusantara) dan Sadar Subagyo (Pemilik Kebun Durian Sadar Tani). Cari tahu juga kiat membangun dan mengelola kebun durian intensif di perkotaan dari praktisi langsung.

Hari ketiga Trubus Expo, Kamis, 28 Januari 2022, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, TBS Grup menggelar obrolan seru tentang madu baduy, budidaya walet, dan Festival Muda+.

Baca Juga:  Perkembangan PMK Hewan Ternak di Indonesia Saat Ini

Acara pertama, “Kupas Tuntas Asal Madu Baduy” bersama Bina Swadaya Konsultan (BSK) mengenal lebih jauh khasiat madu asli dari hutan Baduy. BSK mengundang langsung Mang Uncal, perajin madu dari Baduy yang merupakan mitra binaan BSK, untuk berbagi informasi tentang kearifan lokal panen lestarinya.

Acara kedua, “Kelas Trubus: 100 Juta Pertama dari Panen Sarang Walet” bersama Kelas Trubus yang akan membahas cara memperoleh penghasilan ratusan juta rupiah dalam sekali panen sarang walet. Simak tips dan trik serta kiat sukses budidaya walet dari praktisinya langsung, yakni Ko Abeng, praktisi walet dari Karawang.

Acara ketiga, “Festival Muda+: Pionir Masa Depan Pertanian” yang akan memaparkan bagaimana para agripreneur muda berperan aktif pada perkembangan pertanian Indonesia. Selain itu, pada acara ini akan diadakan pengumuman pemenang dan penganugerahan Trubus Kusala Muda.

“Perhelatan Trubus Expo Digital Edition diharapkan dapat menyebarkan pemahaman, keterampilan dan ilmu pengetahuan baik di bidang agribisnis, kesehatan dan produk makanan, hingga keuangan mikro,” ujar Rudi menambahkan.

Selain menghadirkan beragam acara seru tadi, kunjungi pula Market untuk mendapatkan produk dan jasa pilihan dari TBS Grup dengan harga spesial. Simak dokumentasi kegiatan TBS Grup bersama masyarakat di Library yang bekerja sama dengan berbagai pihak. Temukan dan kenali pula beragam layanan kegiatan dari TBS Grup. Segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti rangkaian acara gratis ini www.trubusexpo.com! Jangan sampai ketinggalan!