Ilex Cornuta, Tanaman Hias Khas Natal

Pertanianku Ilex cornuta sering dikenal sebagai tanaman holly, chinnese holly, horned holly, dong qing ye, atau gou gu. Tanaman ini berasal dari marga yang cukup besar dengan jumlah spesies yang mencapai 600 jenis dan termasuk suku Aquifoliaceae.

ilex cornuta
foto: pixabay

Dari sekian banyak spesies yang ada, hanya 150 jenis spesies yang sudah dibudidayakan. Dan, dari spesies yang dibudidayakan, hanya sekitar 40 jenis yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Ilex cornuta merupakan tanaman hias yang berbentuk pohon atau semak, tingginya bisa mencapai sekitar 1—4 meter dengan banyak percabangan. Cabang mudanya berbentuk longitudinal, berkerut, dan gundul di sepanjang alur. Cabang tuanya berwarna abu-abu putih, berbentuk agak silinder, berserat halus, dan terdapat bekas tangkai daun yang menonjol.

Tanaman hias khas Natal ini akan berbunga pada April hingga Mei. Polinasi tanaman holly dibantu oleh serangga seperti lebah. Bentuk buah tanaman holly seperti buah beri atau buah buni, berukuran kecil dengan diameter sekitar 8—10 mm dan berdaging.

Warna buahnya cukup bervariasi, mulai dari merah cerah, oranye gelap hingga berwarna kuning. Buah yang masih muda berwarna hijau, sedangkan yang sudah masak berwarna oranye. Buah holly biasanya matang pada September dan Oktober. Di dalam buah holly terdapat biji yang cukup keras, biji tersebut mengandung banyak minyak.

Buah holly tidak aman dikonsumsi oleh manusia. Meskipun, buah tersebut sering dimakan oleh burung. Hal ini karena buah holly bisa menimbulkan rasa mual.

Salah satu daya tarik dari Ilex cornuta adalah ukurannya yang kecil dengan daunnya yang rapat, berwarna hijau gelap dan terlihat mengilap, tidak dapat gugur meskipun memasuki musim dingin, serta buahnya berwarna cerah dan toleran terhadap kekeringan. Perpaduan antara warna hijau pada daun dan merah cerah pada buah holly membuat tanaman hias ini sering dipilih sebagai penghias taman.

Baca Juga:  Atasi Bisul dengan Bugenvil, Tanaman Hias yang Cantik

Selain memiliki sosok yang indah, tanaman Ilex cornuta ternyata tahan terhadap gas-gas polutan sehingga cocok ditanam di pinggir jalan.

Ilex cornuta tidak hanya bisa digunakan sebagai penghias rumah, tanaman ini ternyata juga sering digunakan sebagai obat herbal. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah daun tanaman. Daun Ilex cornuta sering digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sebagai obat kontraseptif, obat jantung, dan antibakteri.

 


loading...