Indahnya Udang Hias Air Tawar


Pertanianku – Udang hias air tawar invertebrata ini menjadi hewan pilihan utama dalam aquascape karena indah dipandang, ramah, mudah berkembang biak, dapat membersihkan kotoran dalam aquarium dan tidak terlalu rewel dengan kondisi air. Udang ini dapat hidup berkelompok dengan berbagai varian udang sejenis, bahakan dapat hidup berdampingan dengan jenis ikan tertentu. Pada umumnya, tata cara pemeliharaan udang hias air tawar untuk setiap spesies tidak terlalu jauh berbeda, namun, tetap ada yang harus diperhatikan jika Anda tertarik untuk  memeliharanya antara lain:

Indahnya Udang Hias Air Tawar

  • Kondisi air

Udang hias air tawar dapat hidup dengan baik pada kondisi air dengan keasaman atau pH 6.8–8. Untuk jenis udang yang berasal dari asia, pH yang lebih rendah dapat menyebabkan stres hingga kematian pada ikan. Kecuali untuk jenis macrobrachium shrimp yang berasal dari Peru dan Brasil, akan hidup lebih baik dengan pH yang lebih rendah. Suhu air berkisar antara 14–30 °C.

  • Menggabungkan dengan ikan

Menggabungkan ikan dengan udang hias air tawar akan menjadi hal yang cukup sulit. Pasalnya beberapa jenis ikan akan memakan udang memiliki ukuran tubuh lebih kecil, bahkan udang yang lebih besar terpaksa lari bersembunyi karena takut diserang. Jika Anda benar-benar menginginkannya, maka hal yang paling mungkin adalah menggabungkan udang hias air tawar dengan ikan jenis plati, barb, dan tetra, karena ikan tersebut memiliki ukuran tubuh yang tidak jauh berbeda dengan udang air tawar dan tidak memiliki sifat pemangsa.

  • Mencampur beberapa spesies

Menggabungkan udang dengan ukuran yang sama tidak akan menjadi kendala. Namun, mencampurkan beberapa spesies udang hias dalam satu aquarium tidak dapat dilakukan sembarangan karena tidak semua spesies dapat disatukan. Sifat dan ukuran tubuh menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

  • Aquascaping
Baca Juga:  Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Indonesia Diresmikan di Pangkalan Bun

Berapapun ukuran aquarium yang akan digunakan untuk memelihara udang hias air tawar, hal yang harus diperhatikan adalah rancangan awal yaitu mengisi aquarium. Anda akan membutuhkan pasir halus sebagai substrat, kayu dan juga batu karang bagus untuk tempat persembunyian dan bermain udang. Anda juga perlu menanam tanaman air di dasar aquarium, terutama java moss (lumut jawa).

  • Makanan

Jenis makanan yang diberikan bergantung pada jenis yang dipelihara. Walaupun udang hias air tawar termasuk kedalam jenis hewan omnivora,namun ada jenis-jenis tertentu mendapat perhatian dalam pemberian pakan karena ada jenis yang lebih menyukai pakan hijau seperti Caridina, Neocaridina atau yang lebih menyukai daging seperti jenis Halocaridina Rubra,macrobrachium Luzifugum.

loading...
loading...