Indonesia dan Arab Saudi Mempererat Kerja Sama di Bidang Pertanian

Pertanianku — Apa yang terlintas di benak Anda jika Indonesia bekerja sama dengan Arab Saudi? Pasti bentuk kerja sama itu tidak jauh-jauh dari bidang haji dan umroh. Namun, bukan kerja sama itu yang akan dilakukan. Kerja sama Indonesia dan Arab Saudi kali ini bertujuan mempererat kerja sama peningkatan dan pengembangan ekonomi dalam perdagangan di bidang pertanian.

Indonesia dan Arab Saudi
foto: unsplash

Pihak Kementerian Pertanian pun bersedia untuk terus meningkatkan kerja sama dengan pihak Arab Saudi untuk memenuhi kebutuhan pangan halal. Pasalnya, Indonesia sendiri memiliki jumlah penduduk muslim yang cukup besar sehingga mutu kehalalan bahan pangan dari Indonesia sudah tidak usah diragukan lagi.

“Kami siap untuk menjalin kerja sama perdagangan yang baik dengan Negara Arab Saudi khususnya di bidang pertanian. Saya menjamin semua komoditas pertanian bisa kita ekspor ke Arab Saudi seperti unggas ayam, produk olahan ayam, beras dan tentunya semua telah memiliki sertifikasi halal mengingat Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia,” ujar Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Loading...

Pertemuan antara Duta Besar Arab dan pihak Kementerian Pertanian Republik Indonesia berlangsung di ruang kerja Kantor Pusat Kementerian Pertanian pada 12 Desember 2019 lalu. Pada pertemuan itu turut dihadiri Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional, Banun Harpini. Banun menjelaskan bahwa Indonesia sudah dapat mengeskpor berbagai komoditas pertanian ke Arab Saudi.

Beberapa komoditas pertanian dari Indonesia yang diekspor ke Arab adalah beras. Saat ini Arab Saudi masih mengimpor beras dari beberapa negara seperti Thailand, India, dan Amerika untuk memenuhi seluruh kebutuhan negeri ini.

“Kita akan mengekspor beras ke Arab Saudi, paling tidak beras yang kita akan ekspor bisa digunakan untuk kebutuhan makan para jamaah haji dan umrah kita di sana,” ujar Banun.

Baca Juga:  Kakao Juga Pakai Masker agar Terlindung dari Serangan Hama

Banun juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki produk-produk hortikultura yang sangat berpotensi menjadi komoditas ekspor ke Arab Saudi. Komoditas hortikultura tersebut meliputi pisang cavendish dan nanas yang sudah terbukti menjadi komoditas ekspor andalan ke beberapa negara.

Pada pertemuan tersebut disampaikan juga bahwa Arab Saudi membuka kesempatan bagi Indonesia untuk mengenalkan produk-produk pertaniannya melalui kegiatan pameran. Untuk itu, pada Januari 2020 mendatang, Kedutaan Arab Saudi akan menggelar pameran yang akan berlangsung di Jakarta.

Loading...
Loading...