Indonesia Jadi Negara Eksportir Manggis Peringkat Lima di Dunia

Pertanianku — Indonesia merupakan eksportir manggis nomor lima di dunia karena Indonesia memasok manggis cukup besar ke sejumlah negara di dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

eksportir manggis
Foto: Pixabay

“Indonesia merupakan negara eksportir manggis dengan peringkat ke-5 dunia sebagai negara produsen manggis,” ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi seperti dilansir Republika, Kamis (21/2).

Pernyataan tersebut disampaikan Amran di sela-sela pelepasan ekspor buah manggis asal Sukabumi secara langsung ke Cina. Sebanyak 92 ton manggis diekspor dari Sukabumi ke Cina dengan nilai mencapai Rp2,76 miliar.

Loading...

Amran menuturkan, negara dengan pengekspor manggis terbesar dunia adalah India, Cina, Kenya, Thailand, dan Indonesia. Ia mengatakan sekitar 25 persen produksi manggis Indonesia di ekspor ke beberapa negara seperti Cina, Hongkong, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Arab Saudi, Kuwait, Oman, Qatar, Amerika, Australia, Prancis, Belanda, dan lainnya.

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), ungkap Amran, volume ekspor manggis pada 2018 sebesar 38.830 ton. Jumlah ini naik sekitar 324 persen dibandingkan 2017 lalu yang hanya 9.167 ton.

Sementara, nilai ekspor pada 2018 tersebut mencapai Rp474 miliar. Dengan begitu, mengalami kenaikan sebesar 778 persen dibandingkan 2017 yang hanya sebesar Rp54 miliar.

Peningkatan ini, kata Amran, dinilai sangat besar. Sebab, saat ini pemerintah membuat akses langsung pasar dari Indonesia ke Cina, Hongkong, dan berbagai negara tujuan lainnya. Sebelumnya, pada waktu dahulu transit dulu ke Malaysia, baru ke negara tujuan eksopor.

Peningkatan ekspor ini, ungkap Amran, merupakan upaya peningkatan kesejahteraan petani. Dengan demikian, petani akan lebih meningkat pendapatannya dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga:  Jenis Jeruk Manis yang Populer di Dunia
Loading...
Loading...