Inilah Fungsi Indra Pencium Untuk Kucing


Pertanianku – Hidung kucing terdiri dari dua bagian, yaitu lubang yang keluar dan terbuka ke dalam tenggorokan dan rongga berlapis selaput lendir yang berisi pembuluh darah dan syaraf. Lapisan selaput lendir ini disebut juga selimut. Selimut ini merupakan pertahanan pertama untuk melawan bakteri dan benda asing lainnya. Hidung juga dilapisi dengan epitel yang mengandung reseptor. Hidung kucing mengandung tulang atau kartilago bercabang yangdisebut turbinat. Fungsinya untuk menghangatkan udara pada inhalasi  dan menghilangkan kelembapan pada exhalasi.

Indra Pencium Kucing

Meskipun penglihatan jarak dekatnya kurang baik, tetapi kucing dikaruniadengan penciuman yang sangat baik. Kemampuan kucing dalam menciumsangat luar biasa. Bahkan, kucing dapat menghafal aroma pemiliknya ketika baru pulang dari kantor dan berlarimengejarnya. Kemampuan kucing dalam mencium sudah ada, bahkan sesaat setelah kucing dilahirkan. Sel penerima yang istimewasejalan dengan nasal cavity bersamasama Mengana lisis molekul di udara untuk memprediksikan sinyal berbahayadari lingkungan atau hewan lainnya. Hal ini juga terjadi pada hewan seperti anjing dan predator lainnya. Meskipun hidung kucing tidak seakurat anjing, tetapi kemampuan mencium kucing jauh lebih tajam dari manusia. Level sensitivitas penciuman kucing dapat dilihat dari ukuran epitel penciumannya seperti tercantum dalam Tabel 3.

Hidung kucing jauh lebih sensitif daripada hidung manusia. Anjing menggunakan hidungnya untuk mencium dan mencari jejak. Sementara itu, kucing menggunakannya untuk keperluan sebagai berikut.

– Menyesuaikan diri.

– Mengidentifikasi keberadaan kucing lain.

– Mencium sesuatu yang mengancam.

– Menstimulus nafsu makannya.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

loading...
loading...