Inilah Fungsi Indra Pendengaran Untuk Kucing


Pertanianku – Pendengaran pada kucing juga merupakan sensorik penting. Telingakucing mampu mendengar suara yang tidak mampu didengarkan manusia.  Bahkan, kucing dapat mendengarsuara dari hewan yang ukurannya kecil, seperti suara tikus dan burung. Pinna  dapat berotasi 180° untuk membantu menemukan titik asal suara tersebut.

Indra Pendengaran Kucing

Untuk memadukan suara yang ada, telinga kucing membuatnya tetap balance karena kucing memiliki kemampuan mendengar tiga dimensi lebih banyak dari manusia. Saluran semisirkular di dalam telinga disusun sedemikian rupa untuk menemukan titik yang satu dengan lainnya. Otak kucing juga mampu menentukan dengan sangat baik dan cepat arah perubahan suara.

Oleh karena itu, kucing sangat senang berada di tempat yang lebih tinggi untuk bisa menangkap sinyal dan suara dari segala arah. Kucing juga memilikijutaan rambut cilia untuk mendeteksi berbagai gerakan dan merubahnyamenjadi sinyal yang disampaikan pada otak. Pendengaran kucing mencapai  dua oktaf lebih tinggi dari manusia.

Kemampuan kucing dalam mendengar inilah yang menyebabkan hewan-hewan kecil merasa takut karena tidak kuat mendengar suara kucing yang penuh dengan suara-suara ribut.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

Baca Juga:  Cara Memelihara Kelinci Pedaging Agar Cepat Besar
loading...
loading...