Mengenal Indra Peraba Pada Kucing


Pertanianku – Kucing sering menandai areanya dengan mencakar-cakar. Ini adalah cara kucing dalam menyelidiki sesuatu. Kucing tersebut menyampaikan informasi melalui cakarnya. Berbeda jauh dengan anjing yang memeriksa objek lebih melalui mulut saja.

Indra Peraba Kucing

Hal lain yang membantu kucing dalam menyampaikan informasi ke otak adalah melalui sentuhan. Penerima sentuhan pada kucing adalah kulit, mulut, dan jambangnya. Jambang pada kucing terletak pada moncong, alis mata, dan lutut. Fungsinya untuk untuk mengikutsertkan sejumlah saraf sensitif dan menyampaikannya pada sistem saraf. Kucing menggunakannya untuk mendeteksi gerakan dan memeriksa lingkungannya saat gelap.

Jambang juga dapat mendeteksi setiap menit perubahan di udara. Teknik ini membantu kucing bermanuver di kegelapan, yaitu dengan merasakan sedikit saja perubahan di udara dan benda seperti pohon, dinding, atau perabotan rumah. Kucing merupakan hewan yang memiliki daya tarik yang tinggi. Kulitnymemiliki banyak saraf. Hal inilah yang membuatnya mampu memadukan sejumlah informasi, baik dari hewan lain maupun objek lainnya melalui sentuhan.

Ekor pada kucing juga berfungsi sebagai peraba. Ketika ekor digerakgerakan dan menyentuh sebuah benda atau dinding, itu berarti kucing sedang mengamati dan memberi tanda pada daerah atau benda yang disentuhnya.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

Baca Juga:  Domba Garut, Komoditas Unggulan Kebanggaan Nasional