Indramayu Siap Pecahkan Rekor MURI dengan Festival Padi 2019


Pertanianku — Pemerintah Desa Kalensari, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, akan menggelar Festival Padi 2019. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 28 hingga 30 April 2019 mendatang ini siap memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Festival Padi 2019
Foto: Pixabay

Kepala Desa Kalensari, Masroni menyebutkan, acara yang akan digelar selama Festival Padi 2019 di antaranya menanak nasi di 90 pawon dengan menggunakan 90 variates lokal. Kegiatan itulah yang direncanakan untuk memecahkan rekor MURI.

Selain itu, akan ada juga acara memasak seribu ekor ikan bandeng khas Desa Wanantara Kecamatan Sindang, uji rasa dan pameran kuliner, serta festival benih dan karya petani kecil. Tak hanya itu, ada pula lomba foto (umum dan pelajar) dengan total hadiah belasan juta rupiah.

“Agenda lain yang akan digelar ada Festival Budaya Tani, yang akan menampilkan berbagai kesenian seperti tari topeng, terbang, berokan, dan mapag sri. Akan digelar juga Rakernas benih dan teknologi padi,” kata Masroni, mengutip Republika, Minggu (7/4).

Di lain pihak, Bupati Indramayu, Supendi mengaku bangga dengan inisiatif dari Pemerintah Desa Kalensari, yang ingin mengibarkan pertanian di kancah nasional. Apalagi, saat ini telah banyak varietas lokal unggul yang bisa membantu para petani dalam menggarap lahan pertaniannya.

Menurut Supendi, Festival Padi 2019 membawa spirit baru bagi para petani dan Pemkab Indramayu untuk terus melakukan inovasi-inovasi di bidang pertanian. Apalagi, kegiatan yang akan dilaksanakan sangat variatif dan akan dicatat di dalam MURI.

“Ini acaranya luar biasa karena digagas oleh pemerintah desa. Mudah-mudahan dengan momen ini pertanian di Indramayu semakin maju,” ungkap Supendi.

Baca Juga:  Daging Kerbau Impor Siap Banjiri Pasar Indonesia
loading...