Induk dan Anak Kambing Lepas Sapih


Pertanianku – Setelah berpisah dari anaknya, induk dapat segera dikawinkan kembali. Untuk itu, perlu disiapkan kembali kelompok perkawinan. Sebelumnya dilakukan seleksi induk menurut kelompok kawinnya, yaitu berdasarkan munculnya sifat birahinya. Namun sebelumnya, kondisi tubuh induk harus pulih dengan memberi pakan dan perawatan yang baik dan teratur. Sebaiknya diberi pakan ternak bermutu yang jumlahnya mencukupi agar induk kembali menunjukkan tanda-tanda birahi.

Induk dan Anak Kambing Lepas Sapih

Dengan perlakuan itu, dalam waktu tiga bulan setelah beranak, induk sudah dapat bunting kembali. Setelah delapan bulan, induk sudah dapat beranak lagi. Anak kambing yang sudah lepas sapih sebaiknya dipisahkan antara jantan dan betina. Masing-masing ditempatkan di kandang.

Anak-anak kambing tersebut sebaiknya diberi obat cacing setelah disapih, misalnya Pheno Plus atau Basilan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Pertumbuhan kambing, khususnya jenis kambing PE dan kacang tercantum pada Tabel 6.

Untuk memudahkan pencatatan data-data perkembangan kambing dan anak-anaknya yang meliputi asal-usul induk pejantan atau betinanya, masa kelahiran dan jenis kelaminnya, jumlah anak ketika dilahirkan, berat kelahiran anak kambing, jarak kelahiran anak, umur pejantan sebagai pemacak, umur induk betina ketika dikawinkan, masa bunting, dan tingkat kematian anak bisa digunakan kartu pencatatan kambing seperti contoh pada Lampiran.

 

Sumber: Buku Beternak Kambing Unggul

 

Baca Juga:  Mana yang Lebih Aman? Daging Segar atau Daging Beku? Ini Jawabannya!
loading...
loading...