Ingin Alpukat Berbuah di Segala Musim? Begini Cara Merawatnya


Pertanianku — Buah alpukat atau avokad memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Peminat buah dengan daging berwarna hijau ini juga cukup banyak. Oleh karena itu, membuat alpukat berbuah di segala musim akan mendatangkan keuntungan tersendiri untuk Anda.

alpukat berbuah
Foto: Pixabay

Perhatikan iklim dan lahan tanah

Alpukat memerlukan angin untuk melakukan penyerbukan. Akan tetapi, angin yang terlalu kencang juga bisa mematahkan batang pohon. Tanaman ini juga tumbuh dengan intensitas cahaya matahari sebanyak 40—80%.

Selain iklim, lahan (tanah) juga harus diperhatikan untuk menjaga kesuburan tanaman. Alpukat bisa tumbuh di dataran rendah ataupun tinggi dengan kondisi tanah yang gembur, banyak mengandung bahan organik, dan tidak mudah tergenang air. Jenis tanah yang baik untuk alpukat adalah tanah lempung berpasir, lampung endapan, dan lempung liat.

Penyiraman

Bibit baru lebih membutuhkan air. Oleh karena itu, lakukan penyiraman setiap harinya. Sebaiknya penyiraman dilakukan pada pagi atau sore hari. Dan, jika hujan, tidak perlu melakukan penyiraman.

Penyiangan

Tanaman pengganggu atau gulma akan muncul di sekitar tanaman dan perlu dilakukan penyiangan. Jika tidak, tanaman pengganggu tersebut mampu membawa penyakit pada tanaman alpukat seperti tanaman gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pemangkasan

Jika ada cabang mati atau terlalu rapat, lakukan pemangkasan supaya konsentrasi makanan tidak tersebar untuk pertumbuhan tunas baru, tetapi untuk pembentukan buah. Setelah dipangkas, berikan terapi fungisida pada ujung batang supaya tidak berjamur.

Pemupukan

Pada tahap awal penanaman, sebaiknya diberikan pupuk kandang seperti pupuk dari kotoran ayam atau kompos ke tanah. Lalu dibiarkan selama kurang lebih seminggu sebelum bibit dimasukkan supaya unsur hara dan nutrisi dan pupuk terserap oleh tanah. Setelah tumbuh, pohon alpukat diberikan pupuk lanjutan berupa N, K, dan KCL untuk merangsang pertumbuhan.

Baca Juga:  Cara Mudah Budidaya Tanaman Kacang Koro Bagi Pemula

Perhatikan hama dan penyakit

Hama dan penyakit yang menyerang pohon alpukat bisa mengakibatkan gagal menghasilkan buah, semprotkan pestisida secepatnya jika ada tanda-tanda pohon terserang penyakit. Hama yang sering menyerang pohon alpukat di antaranya ulat kupu-kupu gajah, ulat kipat, penyakit antraknosa, dan penyakit bercak daun.