Ingin Beli Sapi Kurban Berkualitas? Begini Caranya


Pertanianku – Berkurban merupakan suatu hal yang wajib dilakukan bagi umat muslim yang mampu. Setiap tahunnya seakan masyarakat berlomba-lomba untuk berkurban pada saat Hari Raya Idul Adha. Meskipun Idul Adha akan tiba dalam 3 pekan kedepan, masyarakat sudah mulai memburu hewan kurban dari sekarang.

Foto: pexels

Akan tetapi, membeli hewan kurban tak boleh dilakukan secara sembarangan. Pembeli dituntut harus cermat dalam memilih, baik sapi maupun kambing. Bahkan, Sugiharto yang telah puluhan tahun menjadi pedagang hewan kurban berbagi tips memilih hewan kurban yang sehat dan aman dikonsumsi.

“Kalau mau pilih sapi yang sehat, pilih yang matanya jelas dan bersinar cerah. Terus cara makannya coba perhatikan, kalau dia sehat, makannya dia lahap,” jelas Sugiharto kepada detikFinance.

Beberapa ciri fisik sapi yang baik lainnya, lanjut dia, yakni bulu sapi yang halus. Tekstur gigi yang terlihat masih baik, dan postur sapi yang tegak saat berdiri.

“Pilih sapi yang kalau berdiri posturnya tegak, itu tandanya pertumbuhannya bagus. Bulunya juga bagus, terus giginya itu enggak rusak atau putus-putus,” tutur Sugiharto.

Sugiharto juga mengatakan sapi yang sehat bisa dilihat dari kotoran yang ia keluarkan. Ciri sapi sehat akan mengeluarkan kotoran yang padat, sedangkan sapi yang kurang sehat, kotorannya akan cenderung cair.

“Kalau di saya sendiri ada kandang cukup luas di Bogor, kita beli sapi pas masih muda untuk digemukkan. Memang khusus dijual pas Idul Adha, ada dokter hewan yang datang rutin periksa,” lanjut Sugiharto.

Sapi-sapi yang dijual Sugiharto harganya bervariasi, seekor sapi dengan berat 270 kilogram dijual sekitar Rp16 juta, sapi yang berukuran sekitar 900 kilogram dibanderol sekitar Rp55 juta.

Baca Juga:  Korea Utara Tawarkan Tur Menanam Padi, Seperti Apa Ya?

“Setiap tahun Alhamdulillah selalu habis, tahun lalu sebenarnya sudah habis diborong, tapi karena Lebaran masih lama kita tambah stok lagi, tapi habis setengahnya saja. Nanti datang kambing, itu juga banyak yang cari,” tutupnya.

loading...
loading...