Ingin Berkebun di Apartemen? Begini Caranya!

Pertanianku — Terbatasnya lahan tak menjadi halangan untuk Anda bisa berkebun. Bahkan, Anda yang tinggal di apartemen pun bisa membuat kebun sendiri. Selain memberikan kesejukan, berkebun di apartemen juga baik untuk menangkal polusi udara perkotaan. Nah, tempat yang ideal untuk berkebun di apartemen ialah balkon dan teras. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

berkebun di apartemen
Foto: Google Image

Gunakan pot atau wadah yang dapat menampung air dengan baik. Hal ini agar kelembapan tanah selalu terjaga sehingga Anda tak perlu memberikan perhatian khusus secara terus-menerus. Sebab, pot biasa yang tidak mampu menahan air dapat menyebabkan tanah cepat mengering dan membuat Anda harus rajin menyiramnya.

Hal tersebut tentu sangat merepotkan, bukan? Terutama, bagi Anda yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan.

Loading...

Sebelum membeli tanaman dan menanamnya, perhatikan dulu seberapa banyak sinar matahari yang masuk ke balkon atau teras apartemen Anda. Jika balkon atau teras terkena cahaya matahari langsung secara terus-menerus, pilihlah tanaman yang tahan terhadap panas.

Perhatikan juga apakah Anda lebih banyak menikmati balkon atau teras pada siang hari atau malam hari. Sebab, tanaman dengan bunga yang berwarna putih dan pastel akan terlihat indah jika dilihat saat malam hari. Sementara, bunga yang berwarna biru dan ungu memerlukan sinar matahari untuk menunjukkan keindahan warnanya.

Jika Anda lebih sering menikmati balkon di sore hari, Anda dapat mencoba menanam tanaman yang menghasilkan bau wangi di malam hari seperti nikotiana dan moonflower. Tanaman seperti kamboja jepang atau adenium juga sangat cantik ditanam menggunakan pot. Selain warna bunganya yang menarik, pohon ini tahan panas juga tak memerlukan perawatan khusus.

Untuk tempat yang sempit, pilihlah tanaman yang tidak akan membesar. Pilihlah tanaman yang berbentuk kolumnar dan pyramidal untuk tempat yang sempit. Lalu, jika sibuk, Anda dapat menanam tanaman yang dapat tumbuh sehat tanpa perhatian khusus, kecuali bila Anda tertantang untuk menanam tanaman yang Anda sukai.

Baca Juga:  Revitalisasi Peran BPP Guna Mendukung Pertanian dari Kecamatan
Loading...
Loading...