Ingin Berkebun di Rumah dengan Sisa Sayuran? Tentu Bisa!


Pertanianku – Biasanya, orang akan membuang bagian ujung sayuran karena dianggap tidak berguna. Padahal, dengan ujung sisa sayuran tersebut Anda bisa menanamnya dan menghasilkan sayuran kembali.

Foto: pixabay

Jika Anda ingin menanam kembali sisa ujung tanaman yang dibuang, hal ini akan membuat Anda berhemat. Ada juga kepuasan sendiri saat memakan sayur hasil kebun di rumah. Anda bisa menanamnya di pekarangan atau di pot tanaman.

Berikut beberapa tanaman yang bagian ujungnya bisa Anda ambil untuk ditanam:

  1. Daun bawang

Daun bawang adalah salah satu bahan penyedap favorit banyak orang. Untuk menanamnya, Anda hanya perlu ujung batang tanaman ini yang masih segar beserta akarnya. Lalu Anda rendam di dalam suatu wadah yang telah diisi air selama beberapa hari. Kemudian, Anda bisa pindahkan ke pot tanaman yang telah berisi tanah.

  1. Selada

Menanam selada juga sama dengan daun bawang, baik itu selada berdaun keriting maupun yang bergelombang. Caranya, ambil ujung selada dan tanamkan ke dalam tanah. Setelah itu, perhatikan perawatan agar selada bisa tumbuh dengan subur.

  1. Daun katuk

Daun katuk ini juga bisa Anda tanam sendiri. Ambil bagian ujung batang untuk ditanam dengan sistem stek, yakni dengan menancapkan batang katuk di dalam tanah.

  1. Kangkung

Ujung batang sayuran kangkung juga bisa ditanam kembali. Namun, tanamlah kangkung di tanah yang kelembapannya terjaga sehingga bisa tumbuh dengan subur dan daunnya juga lezat jika dimakan.

Baca Juga:  Hidroponik Mudah dan Murah dengan Starterkit
loading...
loading...