Ingin Bisnis Lele? Lakukan Sekarang!

Pertanianku –  Ide untuk memulai bisnis mungkin sudah sering dipikirkan oleh banyak orang. Namun, realisasinya tidak langsung dijalankan, hanya dipikirkan untung-ruginya. Berapa modal yang diperlukan? Di mana lokasi yang tepat untuk melakukan usaha? Mungkin kedua pertanyaan itu yang umum terlontar dari sebagian besar orang. Jika bisnis hanya dipikirkan saja, bisnis tidak akan berjalan dan terealisasi.

Panen Benih Lele

Jika terlintas pertanyaan, bisnis apa yang paling prospektif? Jawabannya buka bisnis A, bisnis B, atau bisnis C. Bisnis yang paling prospektif adalah bisnis yang segera dijalankan. Jika selalu memikirkan risiko, bisnis tidak akan dimulai, bahkan satu langkah pun. Bisnis itu ibarat proses yang butuh langkah demi langkah untuk mencapai kata sukses. Sudah banyak pelaku usaha yang jatuh bangun dalam mengembangkan usahanya hingga akhirnya mampu menjadi sukses hingga sekarang.

Bisnis yang dilakukannya melalui proses demi proses, langkah demi langkah. Semangat untuk tidak menyerah dan selalu ingin maju menjadi salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan. Memulai suatu usaha tidaklah serumit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Umumnya orang yang akan berbisnis mempersiapkan segalanya dengan matang. “Memulai bisnis itu secara praktisnya, ya mulai saja, jika menurut teori atau ilmiah ya harus tahu pasar serta berapa banyak pesaingnya”, ujarnya. Pertimbangan awal yang harus dipikirkan adalah mau berbisnis seperti apa? Dengan pertimbangan tersebut ditambah sudah mengetahui pasar, seberapa banyak pesaingnya, dan seperti apa maka tinggal mengambil keputusan, “yowes jalan”, ujar Bambang Suharno, seorang motivator agribisnis dan UKM.

Lele merupakan salah satu ikan populer yang sudah akrab di kalangan masyarakat. Menjamurnya warung makan pecel lele saat ini, baik dalam bentuk rumah makan maupun warung tenda, merupakan potensi bisnis yang cukup besar. Selain itu, konsumen lele yang relatif lebih besar serta banyaknya peternak yang mengusahakan lele menunjukkan bahwa potensi bisnis lele masih harus dikembangkan. Pertumbuhan konsumen lele kemungkinan akan naik terus atau minimal sesuai dengan jumlah penduduk. Menurut Bambang Suharno, penduduk Indonesia setiap tahunnya meningkat 4—5 juta jiwa. Dari peningkatan penduduk tersebut, katakan saja yang memakan lele dan produk olahan lainnya sebanyak10% sehingga konsumen lele menjadi bertambah 400.000 orang.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mempersiapkan Kolam Pijah Ikan Gurami

Dari hal tersebut dapat dilihat seberapa persen pertumbuhan pelaku usaha lele dalam memenuhi permintaan konsumen. Tentunya hal ini menjadi sangat menggiurkan untuk dilaksanakan menjadi sebuah bisnis.

 

Sumber: Buku Belajar Dari Kegagalan Bisnis Lele


loading...